Dahlan Iskan: Pakai Mobil Listrik Cuma Rp 1.000 per 10 Km

Jakarta – Menteri BUMN Dahlan Iskan percaya penggunaan mobil listrik bakal menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) seperti premium atau sejeninsnya. Dahlan sangat antusias terhadap program ini karena mobil listrik hanya akan menguras kocek Rp 1.000 per 10 kilometer (km)

“Biayanya untuk mobil listrik ini nanti akan Rp 1.000 untuk 10 km, seribu itu untuk biaya ngecasnya,” tutur Dahlan seusai menlakukan kunjungan ke Pabrik Accu di Cileungsi Bogor, Selasa (12/6/12).

Dahlan mengatakan, mobil ini akan jauh lebih hemat bila dibandingkan dengan mobil ber-BBM, pasalnya mobil berbahan bakar minyak akan menghabiskan Rp 10 ribu untuk 100 km perjalanan.

“Bayangkan bedanya nanti orang bayar Rp 1.000 untuk 10 km, dengan Rp 10.000 untuk 10 km (misalnya pakai BBM),” tuturnya.

Sebelumnya, Dahlan mengunjungi perusahaan pembuat accu dan baterai untuk mendukung program mobil listrik nasional. Pabrik bernama PT Nipress Tbk yang berlokasi di Jalan Raya Narogong Km 26, Cileungsi Bogor ini dipercaya Dahlan untuk memasok kebutuhan baterai mobil listrik.

“Saya sangat lega karena dukungan teknologi baterai sangat menjanjikan,” tutur Dahlan.

Mantan Bos PLN ini menargetkan tahun 2013, mobil listrik nasional ini akan mulai diproduksi secara massal sebanyak 10 ribu unit. (zul/dru)

Sumber