Masyarakat RI Semangat Jadi Wirausahawan

Tahun ini, jumlah wirausahawan RI ditargetkan mencapai 2% penduduk.

Pengusaha muda
(Pengusaha)

VIVAnews – Kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan pada tahun ini jumlah wirausahawan di Indonesia mencapai dua persen dari total penduduk. Salah satu syarat negara maju adalah empat persen dari total penduduk memiliki usaha sendiri.

Menteri Koperasi dan UMKM, Syarief Hasan, menjelaskan bahwa berdasarkan data terakhir menunjukkan baru sekitar 1,56 persen penduduk Indonesia berwirausaha. Ia optimistis, pada 2012, jumlahnya akan meningkat hingga dua persen.

“Tadinya, saya berpikir sampai akhir masa jabatan saya jumlahnya naik menjadi dua persen. Namun, bila melihat semangat masyarakat Indonesia, saya ubah target itu jangan 2014, tapi 2012,” kata Syarief dalam Entrepreneur Festival di Jakarta, Jumat 22 Juni 2012.

Di hadapan para calon wirausaha ini, Syarief berpesan untuk memanfaatkan kesempatan yang ada di sekitar mereka untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Ia menjelaskan, para wirausahawan dapat memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sedang baik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini terbaik di Asia Tenggara dan terbaik ketiga dalam kelompok negara G-20.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan negara maju memiliki sedikitnya empat persen masyarakat yang menjadi wirausahawan.

Mengutip data Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), untuk mencetak wirausahawan, 40 persen dari total penduduk suatu negara harus memiliki akses kepada perguruan tinggi. Sementara itu, Indonesia, baru delapan persen. (art)

Sumber