Lima Langkah Mudah Merawat Ponsel Android

Rooting Android

PONSEL pintar Android seperti komputer. Ponsel tersebut butuh perawatan dan pengelolaan yang baik. Jika Anda memiliki ponsel pintar Android, dijamin dalam beberapa bulan kecepatannya akan melambat.

Salah satu cara yang cukup ekstrem ialah dengan melakukan hard atau factory reset. Caranya ialah masuk ke menu Setting, kemudian pilih Privacy Settings. Di dalamnya terdapat pilihan untuk melakukan factory data reset. Risikonya seluruh data akan hilang dan Anda harus melakukan pengaturan sistem dari awal.

Tapi ada cara lain untuk meningkatkan kembali performa ponsel pintar Android anda. Ingin tahu? Berikut tipsnya.

1. Hapus Cache

Daripada menghapus aplikasi atau melakukan hard reset, lebih baik hapus cache yang ada di setiap aplikasi yang dipasang. Caranya masuk ke menu Setting, kemudian pilih menu Applications.

Di dalamnya ada menu Manage Applications yang jika dibuka akan ada banyak aplikasi yang sudah dipasang. Hapuslah cache dari aplikasi yang selalu bermasalah. Tindakan tersebut tidak akan memengaruhi data-data yang ada di ponsel pintar.

2. Hapus Aplikasi

Banyak aplikasi yang dipasang memang akan mempengaruhi performa ponsel pintar. Karena itu lihat lagi aplikasi mana yang tidak menunjang produktivitas, dan hapus saja dari daftar aplikasi.

Caranya, masuk ke Setting, Applications, Manage Applications, dan pilih aplikasi mana yang akan dihapus.

3. Format Memory Card

Menghapus isi kartu memori tidak akan mempengaruhi sistem operasi ponsel pintar. Dengan menghapus isinya, ponsel pintar tidak akan seperti membawa beban yang terlalu berat karena banyak aplikasi yang dipasang.

4. Lakukan Rooting

Melakukan rooting berarti membuat anda menjadi penguasa seluruh area sistem operasi Android.

Kelebihannya Anda dapat menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting serta melakukan pembaruan Android tanpa menunggu persetujuan vendor. Dengan sistem operasi yang lebih baru, performa juga akan lebih kencang.

5. Gunakan Task Killer Manager

Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store secara gratis. Fungsinya ialah dapat ‘membunuh’ aplikasi yang sedang berjalan sehingga kapasitas memori dapat kembali menjadi normal.(MI/TII)

Sumber