Samsung Galaxy Tab 7 Plus Sebagai Home Theater di Mobil Anda

Oleh Tri Agus Yogawasista

Samsung Galaxy Tab 7 Plus – Samsung.com

Sudah menjadi sifat dasar manusia pada umumnya, menginginkan serba praktis (instan) pada suatu peralatan (device) yang ada.

Hal itu semakin banyak peralatan serba multiguna, misalnya Tablet, Kamera digital dan lain sebagainya yang ada di pasaran, hingga memudahkan kita ke berbagai aktifitas.

Tapi kenyataan yang ada, Tablet banyak hanya digunakan untuk main game, memang enak sekali memakai tablet,  termasuk penulis paling senang memainkan “Angry Bird”.

Ini berawal, mencari berbagai TV tape mobil berbagai merek di berbagai penjual assesories mobil yang ada, tidak memuaskan, terutama ukuran layarnya, dan juga resolusinya tidak tajam. Hingga akhir mencoba menggunakan Tablet untuk menonton movie di mobil, terpilih Samsung Galaxy Tab 7 plus, resolusi tajam serta audionya bagus. Untuk mengetahui spesifikasi Samsung Galaxy Tab 7 Plus, disini

Prinsip Kerjanya

Samsung Galaxy Tab 7 plus, digunakan untuk alat pemutar (player) dan layar movie atau filmnya. Sedangkan Sound system-nya menggunakan yang ada di mobil (standart).

Sound system di Toyota Rush Tipe S, telah tersedia 6 (enam) speaker, di depan dekat kaca terdapat 2 (dua) twetter, 2 (dua) speaker di Pintu Depan serta 2 (dua) speaker di Pintu Tengah. Sedangkan Tape mobil bawaan mobil, merek Toyota, terdiri dari CD MP3 dan Tape Kaset (Cassette Tape).

Peralatan yang diperlukan

  1. Tablet
  2. Bracket
  3. Car Audio Cassette Adaptor
  4. SD Micro
  5. Car Adaptor

a. Samsung Galaxy Tab 7 Plus

Tablet ini dipergunakan dengan ukuran sedang, dengan ukuran 7 inch, bila menggunakan lebih besar dari itu, akan mengganggu penglihatan (berbahaya) bagi Pengemudi waktu mengendarai mobil.

b. Bracket

Bracket Leher Panjang

Bracket ini dipergunakan untuk tempat Tablet dan untuk ditempelkan di kaca depan mobil, disarankan yang kuat dan tahan goncangan. Bracket yang ada dipasaran berleher panjang, sedangkan berleher pendek ada bawaannya GPS.

Bracket Leher Pendek, bawaan GPS

Samsung Galaxy Tab 7 Plus, mempunyai berat 345 gram, sebaiknya pemasangannya di Kaca Mobil jangan terlalu tinggi, bilamana menggunakan Bracket berleher panjang, kalau terjadinya fatiq (patah) Bracket tersebut, Samsung Galaxy tidak rusak atau hancur.

c. Car Audio Cassette Adaptor

Car Audio Cassette Adaptor

Car Audio Cassette Adaptor, digunakan untuk menghubungkan output dari Tablet (Earphone) ke Tape Kaset (Cassette Tape) di Mobil.

d. SD Micro

SD Micro sebaiknya menggunakan ukuran 16 Gb, dengan ukuran tersebut cukup memuat movie atau film kurang lebih sebanyak 10 (sepuluh) buah. Untuk itu movie perlu di-ripping (mengubah format movie dari DVD ke AVI atau format yang lain) lebih dulu. Disarankan menggunakan format AVI.

e. Car Adaptor

Car adaptor harus tersedia, dimungkinkan bilamana beterai menurun, segera dicolok ke pematik rokok.

Cara Pemasangan

Car Audio Cassete Adaptor dimasukkan di Kaset Tape (Cassette Tape)

Sebelum pemasangan dilakukan, sebaiknya semua peralatan dalam keadaan mati (off) baik Samsung Galaxy Tab 7 Plus maupun Tape Kaset (Cassatte Tape).

Car Audio Cassette Adaptor (kiri) dan Car Adaptor (kanan) telah terpasang

Cara pemasangan sangat mudah, pasang Tablet beserta Bracket di kaca depan mobil anda (tentunya SD Micro telah dimasukkan ke Galaxy Tab), hubungkan kabel dari Car Audio Cassette Adaptor di Ear Phones Tablet dan Car Adaptor Tablet (jangan dicolokkan ke pematik rokok dulu, bila indikasi baterai belum menurun), kemudian Cassette Adaptor dimasuk ke Cassette Tape  mobil.

Cek sekali lagi, apakah pemasangan telah benar dan erat satu dengan lainnya.

Spy Kids – All The Time in The world

Putar dan pilih movie yang diinginkan, dan Tape Mobil juga dinyalakan, udah siap digunakan…..

Kesimpulan dan Saran (updated)

1. Dilarang Pengemudi ikut menonton movie atau film, hanya khusus penumpang. Kalau terjadi kecelakaan akibat menonton movie, penulis tidak bertanggungjawab.

2. Suara standart setiap mobil sudah cukup, tidak perlu dimodifikasi, karena output suara dari Samsung Galaxy Tab 7 Plus sudah tersedia 3D sound baik di speaker maupun di earphone.

3. Bagi pemilik Toyota Rush, mohon equaliser Tape Toyota-nya diubah ke Equalizer Sedan, suaranya akan mirip Home Theater di rumah dengan Prologic.

4. Bagi anda yang tidak memakai Toyota Rush, mungkin dapat dimodifikasi soundsytem-nya dengan menambahkan booster, speaker diganti 2 atau 3 ways atau ditambahkan speaker dengan Active Subwoofer atau terserah anda.

5. Buat Samsung, alangkah baiknya dikembangkan ke Televisi Satelite, sudah dicoba menyetel musik via Youtube, suaranya tidak bagus. Di Indonesia, sinyal GSM telephone tidak merata di setiap daerah, hingga waktu upload musik ke Youtube agak lama.

Selamat mencoba!

Mungkin anda punya ide yang lainnya, silahkan kirim ke kbgema@gmail.com; akan dimuat di blog ini.