Nenek-Nenek Kerap Bingung Bedakan Pedal Gas dan Rem

Sangat berbahaya membiarkan wanita lanjut usia menyetir mobil sendirian. Responnya bisa dikatakan cukup lambat menghadapi situasi yang serba kompleks saat berkendara. Penelitian dari Badan Keselamatan Jalan AS (NHTSA) menyebutkan, terjadi banyak kecelakaan yang dipicu salah injak rem dari wanita usia lanjut yang menyetir.

NHTSA mempelajari 2.400 kasus kecelakaan. Para nenek biasanya mengalami kecelakaan di parkir atau garasi. Dua per tiga penyebabnya kecelakaan itu adalah mereka tidak mampu membedakan dengan cepat antara rem dan gas.

Di Amerika, kasus menghebohkan dari keteledoran pengemudi lanjut usia terjadi pada tahun 2003. Kala itu, seorang pria 86 tahun keliru menginjak gas dan menabrak puluhan orang. Hasilnya, 10 orang meninggal dan 63 lainnya mengalami luka. Kejadian terjadi di sebuah pasar di California.

Baik pria mau pun wanita lanjut usia, sebaiknya tetap mendapat pengawasan serius jika hendak menyetir sendiri. Menurut peneliti, dimungkinkan wilayah otak yang biasanya bekerja sewaktu menyetir tidak sepenuhnya bekerja seperti kala muda.

Sumber