Ekonomi Indonesia Bisa Masuk Peringkat 5 Terbesar Dunia

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan (Jaringnews/Dwi Sulistyo)

Perekonomian Indonesia akan semakin baik dengan adanya semangat inovasi bagi pelaku usaha.

JAKARTA, Jaringnews.com – Saat ini, kondisi postur perekonomian Indonesia cukup bagus, yakni berada diperingkat ke-15 terbesar di dunia. Dengan pertumbuhan sebesar 6-7 persen bisa jadi pada 2020 akan masuk top ten. Dan posisi Indonesia jauh lebih baik dibandingkan dengan Belanda yang berada di peringkat 17.

“Bahkan pada 2030 bisa masuk peringkat 5. Namun itu tergantung penyikapan kita, bagaimana mengambil risiko dan terus mendorong pemerintah untuk mendorong semangat kewirausahaan,” kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan saat berdialog dengan eksportir alumni Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia hari ini (27/6).

Gita mengatakan optimismenya, bahwa perekonomian akan semakin baik dengan adanya semangat inovasi bagi pelaku usaha. Soal pentingnya inovasi, Gita mencontohkan apa dilakukan oleh Steve Jobs, penemu Apple dan Iphone.

Sebab dari satu produk yang inovatif seperti Apple, nilai ekspornya separuh dari nilai ekspor Indonesia tahun lalu sebesar USD 203 miliar. Sementara Apple nilai ekspornya USD 110 miliar atau 50 persen dari total ekspor Indonesia.

“Saya optimis ekonomi Indonesia akan semakin bagus dengan semangat inovatif produk-produk ekspor,” kata Gita.
(Ara/Pio)

Sumber