5 Pembersih Mobil yang Tak Lazim

Siapa pun pemilik mobil pasti mendambakan kendaraannya selalu tampil bersih dan mengkilat. Tidak jarang, mereka meluangkan waktu hanya untuk pergi ke salon mobil. Atau, yang masih punya banyak waktu, tiap pagi mencuci mobil pun tidak keberatan. Tapi, kalau mobil mereka dibersih dengan bahan-bahan yang tidak lazim, belum tentu mau.

Dikutip dari Media Indonesia, ada beberapa bahan rumah tangga yang bisa dipakai untuk pembersih mobil. Bahan ini dipercaya bisa mengatasi kotoran yang menempel pada beberapa bagin bodi mobil.

  • Pasta gigi. Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi efektif membersihkan kotoran yang menempel di lampu utama. Bagian ini seringkali tertutup kotoran yang mengerak dan sulit dibersihkan jika lama tidak dicuci. Gunakan hanya pasta gigi tanpa pemutih agar tidak merusak kaca lampu. Oleskan pasta,gosok emutar dengan kain hingga kotoran lenyap, lalu bilas.
  • Mayonnaise. Pelengkap untuk salad ini berguna untuk mengatasi kotoran tar atau noda dari bekas getah dan aspal. Caranya, tempelkan mayonnaise di tempat noda dan diamkan 10 menit. Setelah itu bersihkan dan bilas dengan air.
  • Lap bayi (baby wipes). Lap yang cenderung lembab ini punya zat anti-static. Fungsinya, mencegah debu menempel. Cukup usapkan lap untuk membersihkan dashboard dan bagian lain, dan dapatkan kilaunya bebas debu lebih lama.
  • Pembersih cat kuku. Wanita yang suka memakai kutek biasanya punya cairan ini. Pada pengaplikasian di mobil, pembersih cat kuku bisa mengatasi bintik noda membandel yang menempel di kaca mobil. Hindari terkena body mobil agar tidak mengelupaskan cat. Pemakaiannya, cukup taruh cairan pembersih tersebut pada lap handuk dan campurkan sedikit alkohol. Selanjutnya, usapkan ke noda sampai hilang.
  • Cooking spray. Cairan ini melapisi sekaligus mencegah debu datang kembali. Terapkan pada velek mobil Anda. Sebelum menyemprotkan cairan