Asyik! Bandung Bakal Punya Kereta Gantung

Ilustrai Cable Car (sumber: swisscablemyswitzerland.com)

Traveling ke Bandung semakin asyik dengan adanya kereta gantung atau cable car. Bandung Skybridge (BSB) yang akan hadir 2013 nanti, ternyata merupakan alat transportasi publik pertama di Indonesia dan Asia. Keren!

“Cable car ini pertama kali di Asia. Sebagai warga Bandung layak berbangga hati. Karena Bandung menjadi kota pertama di Asia dan Indonesia menerapkan sistem transportasi publik berupa kereta gantung,” ungkap Direktur Utama PT Aditya Dharmaputra Persada, Sandjaya Susilo, saat acara pencanangan pembangunan proyek kereta gantung, di Stasiun Pasteur BSB Ateja Land Lestari, Jalan Dr Djunjunan (Pasteur) 196, Bandung, Selasa (12/6/2012).

Menurut Sandjaya, di negara Eropa keberadaan cable car dihadirkan sebagai sarana wisata. Sedangkan pada 2004 di Amerika Latin cable car menjadi transportasi publik.

“Cable car BSB ini bisa mewujudkan sistem transportasi untuk berkontribusi menyelesaikan permasalahan kemacetan serta meningkatkan daya tarik wisata di Kota Bandung,” papar Sandjaya.

Nantinya, kereta gantung ini akan memiliki jarak lintasan dua kilometer dengan ketinggian sekitar 50 meter. Lintasan pun dibagi dua, yakni dari PPGL ke Paris van Java, dan arah sebaliknya. Kabin atau gondola pengangkut penumpang akan disediakan sebanyak 55 buah, masing-masing bisa menampung 10 orang penumpang dengan kecepatan 20 km/jam atau 6 meter/detik.

Walikota Bandung, Dada Rosada mengaku bangga kereta gantung BSB sebagai pertama di Asia dan Indonesia. Selain itu, kehadiran kereta gantung BSB akan menjadi salah satu ciri khas Kota Bandung.

“Kehadiran cable car ini bisa menjadi kebanggaan Kota Bandung,” ucap Dada ditemui di tempat sama.

Acara pencanangan tersebut turut dihadiri Dubes Swiss untuk Indonesia Heinz Walker-Nederkoorn, perwakilan Konsulat Austria Eddy Sugiri, Doppelmayr Representative Austria Hans Jost, serta unsur muspida Kota Bandung.

Hal senada diungkapkan Dubes Swiss untuk Indonesia Heinz Walker dalam sambutannya. “Kalau cable car ini sudah beroperasi, akan menjadi daya tarik tersendiri di Asia. Cable car ini ramah lingkungan dan tidak bersuara. Jadi menyenangkan,” tutur Heinz.

Proyek pengerjaan BSB ditargetkan tuntas pada pertengahan 2013 mendatang. Pengguna BSB ini akan memakai sistem tiket. Wah, jadi tidak sabar menunggu tahun depan!

Sumber