50 Kampus Ramaikan Kontes Robot

BANDUNG – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar kontes robot tingkat nasional meliputi Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), Robot Soccer Humanoid League (RSHL), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Kontes yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, dari 30 Juni hingga 1 Juli 2012 ini diikuti 94 tim dari 50 perguruan tinggi se-Indonesia. “Sebanyak 94 tim terdiri dari 24 tim KRI, 16 tim KRSI, 23 tim KRCI pemadam api beroda, 14 tim KRCI berkaki, dan 17 tim RSHL dengan total peserta 399 orang,” kata Ketua Panitia Kusprasapta Mutijarsa dalam konferensi pers di Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB) Jalan Tamansari, kemarin.

Menurut dia, ratusan perguruan tinggi diseleksi terlebih dahulu di tingkat regional. Kampus ITB Jatinangor, kata dia, menjadi pusat regional V mencakup Jabar, Riau, dan Banten. “Dari Bandung terdapat perwakilan lima perguruan tinggi di antaranya Universitas Kristen Maranatha, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Telkom, dan Politeknik Negeri Bandung,” kata Kusprasapta.

Kusprasapta menyebut, KRI diselenggarakan sejak 1994, dan tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-14. Sementara untuk KRCI pemadam api adalah yang kesembilan kali, robot soccer tahun kedua, dan KRSI merupakan penyelenggaraan yang keempat.

Manajer Tim Robot UPI Najih Munawar berkata, UPI mengirimkan empat tim pada kontes robot di tingkat regional. Sementara Manajer Tim Robot ITB Alimin menjelaskan, ITB mengirimkan empat tim yakni di divisi KRCI berkaki, soccer, KRI, dan seni. (gita pratiwi/koran si)(//rfa)

Sumber