“Mesin USU” Siap Bertanding Sebagai Mobil Paling Irit

Satu lagi bukti nyata pelajar Indonesia mampu berinovasi di bidang otomotif. Digawangi 14 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU), sebuah prototipe mobil hemat BBM berhasil diciptakan dan diberi nama “Mesin USU”. Diklaim, hanya dengan menggunakan BBM satu liter, bisa menempuh jarak hingga 200 kilometer.

Rencananya, mobil tersebut disertakan dalam lomba Shell Eco Marathon (SEM) di Sirkuit Sepang, Malaysia, Juli 2012 nanti. Pemenang lomba ini diambil dari mobil yang mampu menempuh jarak terjauh dengan konsumsi BBM paling sedikit. Ada 145 tim peserta dari 17 negera yang bakal adu karya di ajang ini.

USU akan mengirimkan tim Horas yang digawangi 14 personil. Pesaing dalam negeri akan dihadapkan dengan tim dari Universitas Gajah Mada, Instititut Teknologi Surabaya, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, dan sebagainya. Totalnya, ada 17 tim dari Indonesia yang bakal berlaga di lomba tersebut.

Dikutip Antara, Mesin USU masih terkendala dengan bobot yang agak berat. Munawir R Siregar, manajer tim Horas, mengatakan, akan segera mencari jalan untuk mengurangi bobot mobil sehingga bisa menempuh jarak yang lebih jauh lagi.

Sumber