Cek Kesehatan Jiwa Dulu Sebelum Operasi Plastik

(Foto: Thinkstock)

Jakarta, Umumnya setiap orang bisa melakukan operasi bedah plastik untuk memperbaiki penampilannya. Tapi di Inggris ada peraturan baru, pasien yang ingin bedah plastik harus tes kejiwaan terlebih dahulu.

Sebuah laporan resmi memperingatkan bahwa di Inggris pasien yang ingin melakukan bedah kosmetik harus menjalani pemeriksaan kesehatan mental yang ketat sebelum akhirnya bisa diberikan rekomendasi.

Hal ini karena saat ini di Inggris masyarakat lebih menempatkan penampilan dibanding kesehatannya, sehingga memicu kenaikan jumlah penyakit mental dan anoreksia atau krisis gangguan makan.

Para ahli menuturkan baik laki-laki atau perempuan bisa memiliki gangguan dismorfik tubuh (Body Dysmorphic Disorder) yang kemungkinan berpikir tubuhnya selalu salah seperti bokong atau paha yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Penderita gangguan dismorfik tubuh selalu menganggap operasi akan menyelesaikan masalahnya, padahal ini adalah penyakit psikologis sehingga operasi sebenarnya tidak diperlukan, seperti dikutip dari The Sun, Senin (4/6/2012).

Selain itu tidak ada bukti yang menunjukkan pasien akan merasa lebih baik setelah ia dioperasi, serta operasi bedah plastik untuk mengubah penampilan ini bisa membuat orang jadi kecanduan atau adiktif.

Untuk itu dalam laporan ini para ahli mendesak adanya pemeriksaan psikologis untuk pasien yang akan menjalani bedah kosmetik serta menyerukan larangan iklan dan penawaran khusus dari klinik-klinik.

Bedah plastik sama seperti operasi kesehatan lainnya yang juga memiliki risiko atau syarat tertentu yang penting untuk diperhatikan. Hal ini karena sebagian besar operasi plastik mengubah bagian tubuh yang berfungsi normal tapi terlihat tidak seperti yang diharapkan. (ver/ir)

Sumber