7 Peringkat Negara dengan Jumlah Operasi Plastik Terbanyak

Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Jakarta, Operasi plastik untuk mempercantik diri tampaknya mengalami peningkatan permintaan dimana-mana. Prosedur operasi seperti sedot lemak, implan payudara, blepharoplasty, dan liposuction semakin marak digemari oleh penduduk di berbagai negara.

Berikut 7 peringkat negara dengan jumlah operasi plastik terbanyak di dunia menurut International Society of Aesthetic Plastic Surgery seperti dilansir dari abc, Jumat (27/4/2012) yaitu:

1. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan negara dengan jumlah klien operasi plastik terbesar. Berdasarkan survei pada tahun 2009, sekitar satu dari lima wanita di Seoul telah mengalami beberapa jenis operasi plastik.

Menurut laporan itu, lebih dari 360.000 prosedur operasi plastik dilakukan pada tahun 2010 dengan jenis operasi seperti sedot lemak, operasi hidung dan blepharoplasty, atau operasi kelopak mata ganda. Lebih dari 44.000 operasi kelopak mata ganda dilakukan pada tahun 2010.

“Di Asia, operasi plastik kelopak mata ganda sangat umum dilakukan oleh orang yang meginginkan mata yang tampak besar dan indah. Jadi operasi semacam ini tidak mengherankan lagi disana,” kata Dr Malcolm Roth, presiden dari American Society of Plastic Surgeons.

2. Yunani

“Ekonomi suatu negara yang maju dan pendapatan per individu yang tinggi membuat Yunani menduduki peringkat kedua dengan jumlah pasien operasi plastiknya,” kata Roth.

Implan payudara adalah jenis operasi plastik yang paling banyak diminati di Yunani. Pada tahun 2010 juga tercatat sebanyak 592 pasien di Yunani yang melakukan operasi pembesaran penis.

3. Italia

Italia berada di posisi ketiga di dunia dengan permintaan operasi plastiknya. Botulinum Toxin Tipe A (Botox Dysport) adalah prosedur yang paling populer dilakukan dan sedot lemak dilakukan lebih dari 69.000 prosedur.

4. Brasil

Brasil menempati peringkat keempat dalam daftar, dengan sedot lemak dan implan payudara adalah jenis operasi yang paling populer di kalangan penduduk Brasil.

5. Kolombia

Prosedur operasi liposuction adalah paling populer di Kolombia dengan hampir 90.000 prosedur dilakukan pada tahun 2010. Kolombia juga telah menjadi pusat perhatian dunia yang menarik para wisatawan untuk melakukan prosedur operasi plastik di Kolombia.

6. Amerika Serikat

Lebih dari 3,3 juta orang melakukan prosedur bedah invasif dan non-invasif dilakukan pada tahun 2010. Permintaan operasi plastik jenis liposuction menunjukkan semakin meningkat setiap tahunnya. Implan payudara merupakan jenis prosedur operasi kedua yang paling diminati di Amerika.

7. Taiwan

Taiwan melengkapi daftar 7 negara dengan jumlah pasien operasi plastik terbanyak di dunia. Operasi plastik dilakukan sebanyak 221.116 jumlah prosedur pada tahun 2010. Operasi menghilangkan kerutan seperti botox adalah yang paling populer di antara semua operasi plastik di Taiwan. (ir/ir)

Sumber