Perombakan Besar di Ubuntu “Oneiric Ocelot”

Ubuntu 10.11

KOMPAS.com – Salah satu distro Linux, Ubuntu, mendapatkan update besar-besaran hari Kamis (13/10/2011). Para developer di belakang distro Linux populer ini merilis Ubuntu versi 11.10, dengan codename Oneiric Ocelot. Update ini membawa perubahan dan perbaikan dalam skala besar, termasuk peningkatan kinerja Ubuntu Unity Launcher.

Ubuntu versi baru dirilis setiap enam bulan sekali yang mengikuti siklus development yang berdasarkan waktu. Meski baru dirilis sekarang, versi 11.10 ini sudah disiapkan sejak Maret yang lalu, sesaat sebelum versi 11.04 dirilis.

Founder Ubuntu, Mark Shuttleworth memilih codename Oneiric Ocelot untuk Ubuntu 11.10 ini. Nama ini, menurut Mark, menggambarkan siklus versi 11.10 menekankan pada dua hal, yaitu mimpi dan disiplin.Selain itu, bila diartikan kata per kata, “Oneiric”, dalam bahasa Yunani, artinya mimpi dan “Ocelot” adalah sejenis kucing liar yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan.

Ubuntu memang mempunyai keunikan pemberian nama distronya dengan menggunakan nama hewan. Mirip dengan Android yang setiap versinya menggunakan nama makanan penutup untuk sarapan.

Selain mengalami perubahan signifikan di tampilannya, banyak perubahan yang dilakukan tim developer di Ubuntu 11.10 ini. Seperti, aplikasi e-mail client Evolution digantikan Mozilla Thunderbird. Aplikasi social networking Gwibber meningkat dratis performanya. Dari sisi back-end, Ubuntu 11.10 menggunakan kernel Linux 3.0 dan banyak komponen dari GNOME 3.2. Untuk men-download “Oneiric Ocelot”, silahkan kunjungi websitenya di http://www.ubuntu.com/download

Sumber