LG Garap Proyek Ponsel dan Tablet Berbasis Ubuntu

Ist.
Ilustrasi

KOMPAS.com – Canonical, perusahaan di balik distro Linux Ubuntu dikabarkan akan menggandeng LG Electronics untuk membuat tablet dan ponsel pintar berbasis sistem operasi Ubuntu. Proyek bersama ini bakal mendorong penggunaan platform open source Linux di perangkat mobile.

Kehadiran Ubuntu dalam sistem operasi perangkat bergerak ini bakal menambah ramai jenis platform yang bermain di pasar mobile. Saat ini, sudah ada Android, Symbian, Meego, iOS, Blackberry OS, Windows Phone, dan Meltemi yang berebut pasar di perangkat mobile.

Pendiri Canonical, Mark Shuttleworth saat menjadi pembicara di Ubuntu Developer Summit di Orlando November 2011 lalu menyatakan targetnya menyiapkan Ubuntu bisa digunakan pada ponsel maupun tablet dalam waktu dua tahun mendatang.

Seperti dikutip dari ExtremeTech, belum jelas perangkat seperti apa yang bakal dibuat oleh Canonical ini. Meski dalam blog resmi Linux menyatakan bahwa perangkat ini bakal memiliki konsep desain Ubuntu yang eksklusif.

Namun, menurut sumber yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa perangkat yang akan dibuat adalah tablet yang bisa berfungsi sebagai ponsel GSM. Selain itu, perangkat tersebut bakal memiliki bentang layar 4,5 inci dan memakai prosesor OMAP Texas.

Sistem operasinya bakal memakai Armbuntu (bukan nama akhir, masih bisa berubah) serta memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android seperti yang dilakukan di BlackBerry Playbook.

Meski Canonical dikabarkan bakal menggandeng LG Electronics untuk memproduksi perangkat tablet dan ponsel pintarnya, Direktur Komunikasi Canonical Gerry Carr buru-buru membantahnya. “Kami tidak berencana untuk mengumumkan sesuatu dengan LG minggu depan,” kata Carr.

Namun, dia menambahkan bahwa dalam setiap ajang Consumer Electronic Show (CES), Canonical selalu memberikan perkembangan baru dan perangkat yang dibangun di Ubuntu. Beragam proyek-proyek berbasis Ubuntu juga bakal dipaparkan di ajang tahunan tersebut.

Namun, bukan berarti Canonical bakal mengumumkan perangkat mobile-nya di ajang CES tersebut. Pihaknya bakal memberikan informasi tentang hal ini segera.

Sumber