Trik Hindari Hal-Hal Buruk Saat Berlibur

Bencana alam seperti banjir dapat mengganggu liburan Anda (Foto: dad-u.blogspot)

BENCANA datang tak diduga, bahkan dapat terjadi saat Anda berwisata ke negara atau kota lain. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk kala berlibur?

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari News:

Cari informasi

Lakukan riset singkat mengenai destinasi yang Anda tuju, termasuk keadaan sosial dan cuaca di tempat tujuan. Beberapa destinasi wisata memiliki cuaca buruk tahunan, seperti Fiji yang rutin dihampiri badai setiap November hingga April. Jangan sampai liburan Anda sia-sia karena salah waktu berkunjung.

Cek media lokal

Untuk mengetahui keadaan situasi politik setempat, ada baiknya cari tahu dari media lokal destinasi yang dituju. Dengan ini, paling tidak Anda mengetahui apa yang akan dihadapi dan sebisa mungkin menghindar bila situasi mulai memanas.

Keluar sebelum terlambat

Apabila sudah sampai di tujuan dan tiba-tiba laporan cuaca memerkirakan kondisi buruk atau situasi politik tiba-tiba memanas, jangan buang waktu. Segera keluar dari kota atau negara tersebut. Menghindarinya lebih baik daripada terjebak dalam jangka waktu yang tidak dapat diduga.

Pastikan proteksi dari asuransi

Sebelum pergi, pastikan bahwa Anda mempunyai asuransi perjalanan. Pastikan juga apa yang diproteksi oleh asuransi Anda melalui situs resminya. Dengan ini, Anda akan lebih waspada menghadapi berbagai kemungkinan saat berwisata.

Mandiri

Saat terjadi bencana alam atau terjebak dalam situasi politik memanas di negara lain, jangan taruh semua harapan pada kedutaan negara Anda di negara tersebut. Coba mandiri dengan mencari jalan keluar atau menolong diri sendiri dulu karena bantuan dari pemerintah biasanya tidak datang dengan cepat. (ftr)

Sumber