Liburan Murah Meriah ke Yogya dengan 6 Cara Ini

Mahasiswa, pengangguran atau penghasilan pas-pasan tak boleh mematahkan semangat liburan. Wujudkan liburan seru dan murah Anda ke Yogyakarta dengan 6 cara berikut. Takkan terlupakan!

DetikTravel, Kamis (31/5/2012) akan membantu Anda menemukan cara asyik liburan tanpa harus menguras kantong. Inilah 6 cara liburan murah meriah ke Kota Pelajar, Yogyakarta.

1. Naik kereta ekonomi

Transportasi paling murah untuk menuju ke Yogyakarta selain menumpang dengan kendaraan teman adalah menggunakan kereta api. Untuk kereta api kelas ekonomi dari Jakarta ke Yogyakarta bertarif Rp 37.000. Semakin dekat kota Anda dengan Yogya, akan semakin murah harga tiket keretanya.

Memesan tiket ekonomi tidak bisa semudah membeli tiket kereta kelas lainnya. Anda harus datang ke loket penjualan langsung. Namun tetap bisa memesan sebelum hari H yaitu H-7. Setelah sampai di tujuan, jangan lupa untuk langsung membeli tiket pulang ya!

2. Menginap di kampung backpacker

Jalan Sosrowijayan (jogjava.wordpress.com)

Menjadi destinasi padat pengunjung, Yogya memiliki kawasan penginapan murah yang biasa disebut dengan kampung backpacker. Malioboro terkenal dengan deretan penginapan murah. Anda bisa menyusuri jalan-jalan yang ada di sana dan pilihlah penginapan yang paling pas dengan kantong Anda.

Jalan Sosrowijayanan, Sosrokusuman dan Dagen adalah beberapa jalan tempat bersemayam kamar-kamar penginapan dengan harga di bawah Rp 100.000. Jangan mencari di jalan utama, masuklah ke gang-gang kecil di sana. Penginapan di sana bisa dimulai dengan harga Rp 35.000-Rp 90.000 per malam dan/atau per orang. Jangan anggap penginapan murah akan kotor atau tidak terawat, banyak juga penginapan murah di Yogya yang bersih dan sederhana.

Jalan Prawirotaman (itravelnet)

Ada lagi satu alternatif yang bisa diambil, terutama jika Anda liburan bersama teman-teman. Di kawasan UGM, ada beberapa kos-kosan yang menawarkan kos harian. Harga yang ditawarkan bervariasi, namun tentu lebih murah dari penginapan biasa. Tapi tidak bisa setiap saat menginap di kos-kosan harian, karena bisa saja kamar kos sedang terisi penuh oleh mahasiswa luar kota.

3. Tekan pengeluaran makan

Tak sulit menemukan makanan murah di Yogya. Saat siang, kunjungi saja penjaja pecel yang ada di sekitaran pasar. Dengan kurang dari 5 ribu, Anda sudah bisa menikmati sayur, lontong dan gorengan yang disiram dengan bumbu kacang. Atau, telusuri jalan di dekat Keraton. Di sana berjejer penjual gudeng dengan aneka harga, ada yang murah dan mahal. Jangan mudah menyerah, gudeg dengan harga murah meriah senang menunggu Anda untuk ditemukan.

Malam hari adalah surganya makanan murah. Meluncurlah ke kawasan kampus UGM dan nikmatilah pecel ayam seharga 7.000 dan teh tawar atau air putih gratis. Jika malas jalan jauh ke sana, anda bisa menjelajah Kawasan Malioboro dan Keraton dan mengisi perut di angkringan. Nasi kucing, sate jeroan dan jahe hangat jadi penyelamat kelaparan Anda. Rp 5.000 bisa kenyang!

4. Pilih transportasi murah meriah

Ingin memutari Yogya hanya dengan Rp 3.500.-, Naik transYogya jawabannya. Nikmatilah perjalanan memutari Yogya dengan bus umum yang nyaman ini. Rute bus ini melewati banyak tempat wisata, salah satunya adalah Candi Prambanan.

Anda juga bisa menyewa sepeda dengan harga Rp 20.000 per hari. Gowes sambil liburan akan memberi pengalaman berbeda yang tentu tidak bisa terlupakan!

5. Kunjungi objek wisata gratis

Banyak sekali objek wisata gratis yang bisa Anda datangi di Kota Gudeg ini. Foto-foto di Pasar Beringharjo, jalan-jalan santai di daerah Tugu atau keliling keraton dan alun-alun adalah beberapa kegiatan gratis dan juga seru yang bisa Anda lakukan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa berkunjung ke taman kota. Santai di sana sambil menontoni pengujung juga asyik. Eits, ada juga taman gratis yang seru. Taman Pintar akan mengajak Anda lebih pintar tanpa menarik biaya sepeserpun. Seru kan!

6. Pintar-pintar menawar saat belanja

Liburan murah bukan berarti tidak bisa membawa oleh-oleh atau cindera mata. Anda hanya harus lebih giat menawar. Jangan langsung terima harga pertama yang ditawarkan. Cobalah menawar setengah harga. Patok tawaran anda di 2/3 harga aslinya. Jangan kaget jika Anda akan memborong banyak oleh-oleh saat kembali ke kota asal.

Ada juga beberapa tempat belanja untuk menemukan barang-barang dengan harga murah. Tersesat di dalam Pasar Beringharjo adalah cara asyik belanja oleh-oleh. Jangan lupa untuk mengunjungi semua lantai, karena ada saja barang menarik yang bisa Anda beli. Deretan toko cindera mata di pintu keluar komplek Candi Prambanan juga memiliki harga yang lumayan bersahabat. Gelang kayu sederhana hanya dihargai Rp 1.000 per buah. Jangan lupa menawar jika Anda pikir harga barang terlalu tinggi.

Selamat liburan!

Sumber