Kembangkan Turbin Arus Air Laut, T-Files Teken Kontrak PLN

Bermodal Rp 5 juta, arus air laut, dan ketekunan, Nurana Indah Paramita dan teman-temannya dari Institut Teknologi Bandung berhasil mengembangkan pembangkit listrik bernilai jutaan dolar melalui T-Files marine current turbine (turbin arus air laut T-Files). Pemenang program Global Innovation through Science and Technology (GIST) tersebut kini sudah mengaplikasikan turbinnya di banyak pulau di Indonesia termasuk Bali dan Lombok.

“Kita mengandalkan arus air laut karena tidak bergantung dengan angin seperti gelombang laut,” ungkap Mita dalam diskusi kewirausahaan, sains, teknologi, dan inovasi yang diselenggarakan Kedutaan Besar Amerika.

Sejak tahun 2005, Mita dan kawan-kawannya serius menekuni pengembangan turbin dari arus air laut. Saat itu mereka harus mengikhlaskan uang saku selama kuliah hingga terkumpul Rp 5 juta. Meski mereka belum mendapat perhatian dari pemerintah, tim tersebut terus mengembangkan teknologi turbin secara nyata.

Kini turbin T-Files sudah terpasang di beberapa pulau seperti Bali, Lombok, dan pulau-pulau pribadi di Indonesia. Rencanannya turbin mereka juga akan dipasang di bawah jembatan Suramadu. T-Files tak hanya menjual turbin. Melalui IPP, mereka bahkan mampu menarik perhatian PLN hingga kontrak 1 megawatt pun akhirnya ditandatangani. Bukan itu saja, listrik yang mereka hasilkan kini dijual Rp 13 hingga 15 sen per kWh setara harga biogas.

Sumber