Developer Lokal Sumbang 3000 Aplikasi Untuk Nokia

Penyerahan simbolis sumbangan 3000 aplikasi untuk Nokia

Pengembang aplikasi (developer) asal Indonesia sepanjang awal 2012 ini telah berkontribusi membuat 3000 platform Nokia. Ribuan aplikasi lokal tersebut tiap pekan diunduh lebih dari 2,5 juta orang di Nokia Store di penjuru dunia.

Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia South East Asia, mengatakan saat ini tersedia lebih dari 100.000 aplikasi Nokia. Ia berharap developer-developer lokal ke depannya mampu lebih unjuk gigi lagi. Untuk mendorong semua itu, Nokia Indonesia terus mengadakan berbagai workshop yang diadakan sejak awal Januari lalu. Selain itu, juga diadakan kompetisi “Nokia Asha Apps Challenge”, sebuah kompetisi bagi para developer untuk memberikan ide bertema Indonesia di aplikasi Angry Birds, untuk seri Nokia Asha.

Pemenang kompetisi yakni AF, mahasiswa semester 8 Universitas Indonesia diberi kesempatan magang dan belajar di Finlandia selama seminggu. AF unggul dengan aplikasinya yaitu “Klepon Stack” yang sekarang sudah tersedia di Nokia Store (http://store.ovi.com/content/259833).

Konten aplikasi lokal yang dicari Nokia memang disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Dari 12 ribu developer lokal yang ikut ambil bagian dalam kompetisi, membuat game dengan mengangkat kebudayaan lokal, makanan lokal, sampai ke aplikasi untuk pelayanan publik di kotanya masing-masing.

Untuk aplikasi berbayar, pembagian keuntungannya adalah 30% untuk Nokia dan 70% untuk developer.

Sementara untuk sistem pembayaran aplikasi berbayar di Indonesia, Nokia menyediakan sistem operator billing dari Telkomsel, XL, dan Indosat. Ketika pengguna mengunduh aplikasi di Nokia Store, maka otomatis pulsanya terpotong sekian rupiah sesuai dengan harga aplikasi.

Narendra juga menjelaskan saat ini Nokia Indonesia sedang menyelenggarakan Nokia Lumia Apps on Demand, di mana masyarakat bisa memberi saran dan detail aplikasi macam apa yang mereka butuhkan. “Kami jadi tahu aplikasi apa yang dibutuhkan orang Indonesia. Kami juga menyediakan hadiah bagi penyumbang ide terbaik,” kata Narenda.

Pengguna dapat memasukkan sarannya dalam 10 jenis kategori aplikasi, yakni foto, musik dan video, edukasi, hiburan, bisnis, berita, gaya hidup, produktivitas, dan permainan. Saran-saran itu bisa dikirim ke laman Facebook Nokia Indonesia. (Lila Intana/EVA)

Sumber