Pemangku Adat Dayak Maratus Kunjungi Poskotis

Tim Ekspedisi Khatulistiwa
Pemangku Adat Dayak Maratus, Galimun (120), berkunjung ke Poskotis Sub Korwil 08/HST.

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Pemangku adat Dayak Maratus, Galimun (120), berkunjung ke Poskotis Sub-Korwil 08/HST di Desa Murung B, Kecamatan Hantakan, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Galimun merupakan tokoh adat masyarakat Dayak Pegunungan Maratus yang bertempat tinggal di Balai Mancatur dan membawahi 17 balai Adat untuk wilayah Hinas Kanan.

Perwira Sejarah Subkorwil 081/HST Mayor Sus Komaruddin, Selasa (8/5/2012), melalui e-mail, mengatakan, Galimun menempuh perjalanan sekitar sembilan jam dari Balai Adat Mancatur menuju Poskotis dengan berjalan kaki melewati jalan setapak di perbukitan.

“Dalam kunjungannya, Galimun menuturkan akan mempererat tali silaturahim antara warga Dayak di Pegunungan Maratus dan tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012,” ujar Komaruddin. Galimun juga memberitahukan, masyarakat Dayak setempat akan menyelenggarakan upacara adat awal Juli. Mereka berharap tim bisa ikut datang ke acara tersebut.

Setelah berkunjung ke Poskotis, Galimun melanjutkan silaturahim ke Kodim 1002 Berabai didampingi Kapten Inf Sarikin dan Mohammad David, staf pengajar di STAI Alwsi’an Berabai. Kedatangan mereka diterima Komandan Kodim 1002 Berabai Letkol Inf Heri Pribadi.

Dalam kunjungan tersebut dikoordinasikan pula kegiatan penjelajahan dan penelitian tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 tahap berikutnya.

Sumber