Membangun Perusahaan yang Adaptif

Penting bagi entrepreneur untuk mendirikan bisnis yang tetap felksibel di luar fase startup. Perusahaan yang fleksibel meningkatkan peluang bagi karyawannya, mengawali perubahan positif, dan menyebarkan gairah untuk menjadi lebih inovatif. Entrepreneurdapat membangun sebuah perusahaan yang adaptif dengan berbagai cara. Berikut ini bukan aturan yang mengikat tetapi aturan berikut ini dapat meningkatkan peluang sebuah perusahaan untuk tetap adaptif dan inovatif baik melalui dan setelah fase pertumbuhan.

Berbagi visi entrepreneur

Visi entrepreneur harus disebarkan ke seluruh perusahaan ke semua karyawan agar mereka memahami arah perusahaan dan berbagi tanggung jawab atas pertumbuhannya. Entrepreneur dapat berkomunikasi mengenai visinya secara langusng kepada pegawainya melalui rapat, percakapan, atau seminar. Visi juga bisa disampaikan memlaui kegiatan simbolis atau kegiatan lainnya seperti temu sosial, acara penganugerahan, dan pameran. Apapun formatnya, berbagi visi memungkinkan perseonel perusahaan untuk mendapatkan impian dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam membangun masa depan.

Meningkatkan persepsi peluang

Ini dapat dicapai dengan desain pekerjaan yang cermat. Pekerjaan ini seharusnya memiliki tujuan yang jelas dan spesifik bagi mereka yang akan dibebani tanggung jawab. Setiap level hierarki semestinya diberitahu mengenai perannya dalam produksi hasil akhir produk atau layanan. ni sering dikenal sebagai “tetap dekat dengan pelanggan”. Cara lain untuk meningkatkan peluang ialah melalui koordinasi yang cermat dan integrasi seluruh area fungsional dengan teliti. Ini memungkinkan pegawai dalam area fungsional berbeda untuk bekerjasama sebagai satu keseluruhan yang erat dan solid.

Tanamkan perubahan sebagai tujuan perusahaan

Ini membutuhkan sebuah kecenderungan menuju inovasi dan perubahan daripada pengukuhan status quo. Jika peluang diketahui, lingkungan perusahaan harus tidak hanya mendorong peluang untuk muncul tatpi mencapai tujuan. Dlaam konteks ini, sebuah keinginan untuk menemukan peluang mungkin muncul jika sumber daya diadakan dan kendala sektoral ditekan.

Mengobarkan semangat inovasi

Keinginan personil untuk mengejar peluang harus dipupuk secara teratur. Kata-kata saja tidak akan sanggup menciptakan iklim inovatif. Langkah yang spesifik, seperti berikut ini harus diambil : sistem imbalanlingkungan yang memungkinkan untuk gagal tanpa dihakimi, operasional yang fleksibel, dan pengembangan tim perusahaan. (*AP)

Sumber