Maksimalkan Fungsi Marketing Anda Lewat 5 Langkah Ini

Berbicara mengenai strategi pemasaran, tentunya tidak bisa lepas dari kreativitas para pelaku usaha. Beragam cara maupun strategi dipilih para pelaku usaha untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumennya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik simpati para konsumen. Berikut adalah lima strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan banyak pelanggan.

1. Ciptakan sesuatu yang berbeda

Ketika yang lainnya mulai seragam, Anda pun harus tampil beda untuk mendapatkan perhatian khusus dari para konsumen. Contohnya saja seperti kesuksesan strategi pemasaran yang dijalankan restoran “Steak Kiloan” di Jakarta Timur, dimana mereka menjual steak berdasarkan berat daging (per kilogram), sehingga para pengunjung bisa memilih sendiri daging sapi yang akan mereka santap dan menyesuaikan ukurannya dengan perut serta kondisi kantong dompet masing-masing. Dengan konsep pemasaran yang terbilang unik (pertama di Indonesia) ini, tidak heran bila restoran Steak Kiloan tersebut selalu ramai dikunjungi konsumen dan mendatangkan omset penjualan yang cukup besar setiap harinya.

2. Menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan

Merealisasikan ide pemasaran unik ternyata tidak hanya melalui dunia nyata saja. Namun Anda juga bisa menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan (jejaring sosial) yang bisa dijangkau seluruh konsumen dengan mudah dan murah menggunakan jaringan internet. Bila restoran Steak Kiloan memberikan kebebasan bagi para konsumen untuk memilih ukuran daging sesuai dengan selera, pelaku bisnis Steak Hotel Holycow lebih memanfaatkan twitter untuk mempromosikan restorannya. Caranya yaitu dengan memberikan satu porsi tiramisu gratis pada setiap pelanggan yang mention @holycowsteak dalam tweetnya. Strategi tersebut cukuplah sukses, sehingga wajar adanya bila setiap hari para konsumen rela mengantri untuk menikmati seporsi steak hotel ala Holycow dan mendapatkan tiramisu gratis dari aktivitas mention yang mereka lakukan.

3. Rangkul beberapa kalangan untuk menjadi Brand Ambassador Anda

Tak bisa kita pungkiri bila kehadiran Brand Ambassador menjadi salah satu alat promosi yang cukup efektif. Dalam hal ini, tentunya Anda tidak harus menyewa artis terkenal dengan bayaran yang sangat mahal, namun Anda bisa memanfaatkan tokoh masyarakat ataupun orang-orang di sekitar Anda yang sekiranya memiliki prestasi cukup bagus sebagai duta produk Anda. Misalnya saja dengan menggandeng para atlet lokal, para pelajar yang memenangkan olimpiade sains tingkat dunia, dan lain sebagainya.

4. Libatkan peran aktif para konsumen

Selain menggandeng beberapa public figure sebagai brand ambassador produk Anda, selanjutnya Anda juga bisa melibatkan para konsumen untuk berperan aktif dalam menjalankan strategi promosi. Contohnya saja seperti strategi promosi produk kosmetik Pond’s melalui program promosinya Pond’s Make it Happen, sang produsen ingin membangun loyalitas konsumen dengan mengajak mereka untuk bisa mewujudkan mimpi atau cita-citanya bersama produk Pond’s.

5. Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen Anda

Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Strategi seperti ini bisa Anda lihat dari iklan produk baru Unilever “Pure it” (pemurni air) untuk keluarga yang menggunakan teknologi canggih, sehingga bisa menghasilkan air minum yang aman dikonsumsi tanpa perlu membutuhkan bahan bakar gas maupun listrik. (*ian)

Sumber