Bagaimana Mengatasi Pesaing [Kompetitor]

Oleh Ir. Aditya Prayoga, Marketing Manager Kios Buku Gema

Ilustrasi – google.co.id

Arti pesaing (kompetitor) adalah bila bisnis/produk Anda sama dengan bisnis/produk milik orang lain.

Jika Anda menjual bakso dan tetangga Anda menjual bakso, maka tetangga Anda adalah pesaing dekat Anda, Jika Anda menjual bakso dan tetangga Anda menjual ayam goreng, maka tetangga Anda adalah pesaing jauh Anda. Jika Anda menjual bakso dan tetangga Anda menjual teh, maka tetangga Anda adalah mitra Anda

Jadi mengatasi pesaing (agar supaya produk / barang anda laku) salah satu alternatifnya adalah dengan cara membedakan bisnis/produk Anda dengan bisnis/produk orang lain.

Banyak cara yang bisa membedakan produk Anda dengan produk orang lain

1. Dibedakan berdasarkan bahan dan harganya

Tetangga Anda berjualan bakso daging sapi bentuknya bundar, ukurannya sedang, harga RP 500,-/biji. Agar berbeda Anda bisa membuat bakso dari bahan iga sapi, dibentuk kotak, ukurannya lebih besar, perbijinya Rp 800,- ,Orang yang memiilih mutu atau mencari yang unik akan memilih Anda.

Anda bisa saja membuat bakso daging sapi bentuk bulat, namun bukurannya dibuat lebih kecil l dengan harga perbijinya Rp 300,-, Orang yang suka harga murah akan datang kepada Anda.

2. Dibedakan berdasarkan waktu operasinya

Misal tatangga Anda berjualan mulai dari pukul 8 sampai pukul 20 malam, Anda bisa berjualan setelah mereka tutup atau Anda berjualan 24 jam, maka saat yang lain sudah tutup, orang tidak punya banyak pilihan dan pasti datang kepada Anda.

3. Dan lain-lain

Cara pembedaan berdasarkan waktu operasinya telah diterapkan oleh Liem Celuler bratang surabaya. dalam bersaing dengan counter-counter hp yang bertebaran disekitarnya, hasilnya sangat memuaskan.

Semoga anda terinspirasi dengan tulisan saya.