Atasi Mata Lelah Akibat Menatap Komputer

shutterstock
Lama-lama berada di depan komputer bisa membuat mata tegang dan lelah

KOMPAS.com – Berada di depan komputer selama berjam-jam tentunya bisa membuat mata menjadi lelah. Hal ini disebabkan oleh intensitas dan radiasi dari komputer, sehingga mata menjadi lelah dan akhirnya pusing.

Mata manusia terdiri atas tiga set sel otot. Saat kita bekerja di depan komputer sel otot ini akan bekerja lebih keras karena mata diharuskan melihat benda dalam jarak dekat. Sel otot extraocular bekerja untuk membuat mata masuk ke dalam, otot sphincter harus bekerja agar pupil mengecil, sedangkan sel otot ciliar membuat mata mengkerut agar lensa dapat memproduksi citra atau gambar objek yang dilihat dengan jelas.

Jika mata Anda mulai pedas setelah lama menatap komputer, coba lakukan langkah-langkah ini.

1. Alihkan pandangan dari komputer

Meski Anda harus bekerja terus-menerus di depan komputer, sesekali alihkan pandangan Anda ke sekitar agar mata menjadi lebih rileks. Ketika melihat objek yang jauh, otot mata akan lebih rileks akibat retina lebih mudah fokus pada objek yang dilihat. Paling tidak, lakukan hal ini lima menit untuk setiap jam.

2. Perhatikan jarak pandang ke monitor

Seperti saat menbaca buku, jaga jarak aman Anda saat menatap layar monitor. Jarak yang disarankan adalah sekitar 50-100 cm dari mata.

3. Ubah setting komputer Anda

Salah satu penyebab mata lebih cepat lelah adalah radiasi dari pencahayaan komputer yang kuat. Kurangi, atau atur ulang pencahayaan di komputer Anda, agar mata lebih nyaman untuk melihat ke komputer. Cahaya yang terlalu terang akan membuat banyak cahaya masuk ke dalam mata, sehingga mata akan cepat lelah.

4. Seringlah berkedip

Ketika berada di depan komputer, secara tak sadar mata lebih jarang berkedip, dan hal ini ternyata membuat mata lebih kering sehingga mudah lelah dan tegang. Agar mata merasa lebih rileks, jagalah frekuensi berkedip sehingga mata tidak kering, serta menurunkan rasa tegang dan lelah.

5. Mencuci mata dan muka

Cucilah mata sekaligus muka Anda dengan air dingin. Air dingin akan membantu membuat mata menjadi rileks dan kembali segar serta mengurangi ketegangan mata akibat lelah.

Sumber