Honda Kembangkan Teknologi Anti Macet

Moneymint.in

PRODUSEN mobil Honda telah mengembangkan teknologi baru yang dirancang untuk mendeteksi pengemudi kendaraan yang cenderung menciptakan kemacetan lalu lintas dan mendorong mereka untuk berkendara sedemikian rupa sehingga lalu lintas tetap bergerak.

Kita tidak jarang menemukan kemacetan di jalan raya tanpa ada alasan yang jelas. Salah satunya akibat pengemudi yang memiliki perilaku buruk dan tidak memikirkan kepentingan pengguna jalan lain dengan menghentikan kendaraan atau memperlambat tanpa alasan jelas.

Selain membuat frustrasi pengendara lain yang berada di belakangnya, perilaku mengemudi seperti itu juga mampu meningkatkan risiko kecelakaan, menambah waktu tempuh berkendara serta meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Penelitian yang dilakukan pada 2007 di University of Exeter menunjukkan bahwa kemacetan tidak selalu diakibatkan oleh kepadatan lalu lintas, namun akibat pengemudi yang memperlambat kendaraan tanpa sebab. Akibatnya pengendara yang tepat di belakang semakin menjaga jarak.

Lalu lintas makin terhambat lagi karena pengendara berikutnya mengambil tindakan yang sama dan seterusnya sehingga menghasilkan ‘efek akordion’, sampai pada titik di mana lalu lintas berhenti total.

Saat ini Honda mengembangkan sebuah teknologi pertama di dunia yang dapat mendeteksi pola pengendaraan yang memicu kemacetan lalu lintas semacam itu dan menganjurkan cara untuk menghindarinya.

Sistem tersebut memonitor pola akselerasi dan deselerasi pengemudi. Jika sistem mendeteksi perilaku pengemudi memiliki potensi untuk menciptakan kemacetan, sistem akan memperingatkan dan menganjurkan pengemudi secara halus lewat sebuah peraga yang menampilkan kode-kode warna.

Honda mengatakan sistem ini dapat dikembangkan lagi, yang memungkinkan sistem Adaptive Cruise Control (ACC) pada kendaraan aktif secara otomatis pada saat yang tepat untuk melakukan sinkronisasi dengan pola pengendaraan kendaraan yang berada jauh di depan dan menjaga jarak yang konstan di antara kendaraan.

Sebagai bagian dari upaya untuk membawa teknologi ini ke pasar, Honda akan melakukan pengujian sistem ini di jalan raya tahun ini, yang akan dimulai di Italia pada bulan Mei nanti, dan Indonesia pada bulan Juli. (OL-07)

Sumber