GM Luncurkan Sistem Keselamatan Jok Bergetar

General Motors

SEBAGAI merek bergengsi dari General Motors (GM), Cadillac kerap menjadi kendaraan utama untuk menuangkan teknologi baru. Kali ini teknologi yang akan diperkenalkan adalah jok pengemudi yang dapat bergetar sebagai peringatan ketika terdeteksi adanya potensi bahaya.

Teknologi yang dinamai Safety Alert Seat dilengkapi dengan zona getaran ganda yang terkoneksi dengan sistem keselamatan kendaraan yang berbasis sensor. Jok ini akan bereaksi saat mendapat sinyal agar pengemudi bisa segera mengantisipasi potensi bahaya yang akan muncul.

Jok akan terkait dengan fungsi-fungsi sistem seperti Forward Collision Alert (peringatan tabrakan depan), Lane Departure Warning (peringatan ketika kendaraan berpindah lajur tanpa lampu sein) dan Side Blind Zone Alert (peringatan adanya obyek lain di wilayah yang tidak terlihat).

Jika fungsi-fungsi peringatan di atas tadi aktif, Safety Alert system akan menggetarkan jok pengemudi sehingga pengemudi segera waspada. Zona getaran gandanya akan memberikan getaran di bagian sisi kiri atau kanan, tergantung dari sisi mana munculnya potensi bahaya.

Jika bahaya yang muncul berasal dari bagian depan atau belakang, maka kedua zona getar akan aktif secara bersamaan.

“Hal ini mirip ketika seseorang menepuk bahu Anda dalam keramaian untuk mendapatkan perhatian Anda,” ujar Raymond Kiefer dari bagian tehnik keselamatan aktif GM.

“Memanfaatkan indra perasa untuk menyampaikan arah ancaman kecelakaan adalah cara yang efektif dan intuitif dalam menutup kelemahan sistem informasi peringatan visual dan suara yang sudah rutin dirasakan oleh pengemudi dalam sehari-hari,” papar Kiefer.

Para peneliti di GM telah melihat bahwa sistem yang mengandalkan indra perasa jauh lebih efektif untuk mengarahkan perhatian pengemudi langsung ke lokasi masalah dibandingkan dengan sistem peringatan suara.

Sistem ini bekerja erat dengan sistem kendaraan lainnya untuk memberikan peringatan hanya bila diperlukan untuk menghindari peringatan berlebihan yang justru akan mengganggu kenyamanan.

Misalnya ketika pengemudi menghidupkan lampu sein kemudian berpindah jalur dengan sengaja, maka tidak akan ada tanda peringatan apapun yang disajikan oleh Lane Departure Warning system, karena proses perpindahan jalur dianggap sudah sesuai dengan prosedur yang benar.

Jok getar ini akan dipasang pertama kali pada Cadillac XTS 2013 yang akan diproduksi pada kuartal kedua tahun ini. (OL-07)

Sumber