Aplikasi Bisa Jalankan Ubuntu dari Ponsel Android

Ilustrasi

KOMPAS.com – Canonical, perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Linux Ubuntu, memperkenalkan sebuah inovasi terbaru yang diberi nama “Ubuntu for Android”, pada Selasa (21/2/2012).

Inovasi ini berupa aplikasi yang didesain untuk membawa lingkungan OS Ubuntu lewat smartphone Android. Ubuntu for Android hanyalah sebuah aplikasi atau add-on. Jadi, OS Ubuntu tidak ter-install di dalam smartphone Android Anda.

“Ubuntu for Android” baru aktif jika smartphone Android ditancapkan pada sebuah dock khusus. Dock ini akan dihubungkan dengan monitor, keyboard, dan mouse. Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan OS Ubuntu di lingkungan komputer desktop, tanpa harus memiliki perangkat komputer.

Jadi, semua aktivitas komputasi tersebut ditenagai oleh smartphone Android pengguna.

Dengan solusi ini, pengguna tetap bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android dan mengakses data-datanya.

Saat smartphone itu dicabut dari dock, maka ia akan kembali menjadi smartphone Android. Konsep Ubuntu for Android ini mirip dengan fitur docking Motorola Atrix pada platform WebTop.

Pendiri Canonical Mark Shuttleworth menulis di blog resmi Ubuntu menyatakan bahwa pengguna produk ini dapat mengakses OS Ubuntu beserta aplikasi populer yang telah dibawa dalam Ubuntu for Android, seperti aplikasi office, multimedia, web browsing, dan juga email.

Ubuntu for Android juga mampu menggunakan konektivitas smartphone Android, termasuk jaringan 3G dan 4G. Hal ini memungkinkan karena Android dan Ubuntu menggunakan kernel yang sama, yakni Linux.

Namun perlu diketahui, ini hanya bisa dilakukan oleh smartphone Android yang menggunakan prosesor dual-core berarsitektur ARM. Dan belum diketahui secara pasti dock macam apa yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi Ubuntu di smartphone Android.

Sumber