Infrastruktur Taman Nasional Komodo Dibenahi

Komodo (Varanus komodoensis) merupakan satu-satunya reptil purba yang masih hidup dan berkembang-biak di dunia. Habitat alamnya di Pulau Komodo dan Pulau Rinca dilestarikan dan dilindungi dalam status taman nasional. (istimewa)

Kupang, NTT (ANTARA News) – Pemerintah Nusa Tenggara Timur mulai memperbaiki dan membangun sejumlah infrastruktur pendukung di Taman Nasional Komodo pasca ditetapkan sebagai New7 Wonders of Nature atau Tujuh Keajaiban Dunia, Rabu (16/5).

“Fasilitas yang sedang diperbaiki atau dibangun, antara lain bandara, jalan, restoran, hingga hotel berbintang,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya NTT, Abraham Klakik, di Kupang Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung wisata ini tidak hanya melibatkan pemerintah daerah, tapi juga pemerintah pusat dan pihak swasta guna mengantisipasi lonjakan wisatawan yang berkunjung untuk melihat dari dekat binatang langka itu.

Pada 2009, jumlah wisatawan yang berkunjung ke komodo hanya sekitar 15 ribu, pada 2011 meningkat menjadi 50.000 orang, sedangkan pada 2012 sejak Januari hingga April wisatawan yang berkunjung sudah mencapai 40.000 orang. (*)

Sumber