Asean Jazz Festival digelar Juni di Batam

Dwiki Dharmawan (FOTO ANTARA/Noveradika)

Batam (ANTARA News) – Sebanyak 10 musisi jazz mancanegara akan tampil di Asean Jazz Festival yang digelar di Terminal Feri Harbour Bay, Batam, 22-23 Juni 2012.

Asean Jazz Festival merupakan agenda rutin wisata di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Director of Art Asean Jazz Festival, Dwiki Dharmawan mengatakan 10 musisi jazz itu adalah Erik Hargrove asal Amerika, Nathasa Pattamapongs dan Arnat Lamwongsrikul asal Thailand, Jerry De Leon asal Philipina, Steve Thornton asal Malaysia, Jeremy Tordjman dari Francis, Kamal Musallam dari Emirat Arab (UEA), Carlos Kamil dari Bogota Kolombia serta Ian Iron dari Inggris Raya.

“Sebenarnya masih banyak musisi mancanegara yang ingin ikut serta, namun waktu dan tempat kami terbatas,” kata Dwiki.

Selain mereka, artis Indonesia seperti Tri Utami, Barry Likumahua dan Andien juga direncanakan meramaikan pagelaran tahunan di Batam itu.

“Sejumlah jazzer Indonesia akan berkolaborasi dengan jazzer asing,” kata Dwiki.

Asean Jazz Festival yang kelima juga akan menampilkan berbagai musik daerah yang dikemas dalam balutan jazz.

Dari Jawa Barat, Dwiki mencoba mengawinkan angklung dengan jazz. Dari Minang, akan hadir alat musik tradisional yang membaur rasa jazz.

Selain itu, Dwiki juga mencoba mengawinkan musik khas Melayu Kepri, yaitu kompang dalam Rentak Melayu.

“Asean Jazz ini yang ke lima ini merupakan karya kreatif yang menggabungkan musik Indonesia dengan manca negara,” kata Dwiki.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam Yusfa Hendri berharap Asean Jazz Festival mampu menarik dan meningkatkan wisatawan asal Malaysia dan Singapura yang masuk Batam dan Kepri. (Y011/R010)

Sumber