SMS Redakan Depresi

tabloidpcplus.com

Siapa bilang aktivitas ber-SMS hanya membuang-buang waktu dan sia-sia? Studi baru menyebutkan bahwa SMS yang dilakukan terus menerus bisa membuat tampilan menjadi lebih sehat.

Para ilmuwan yang tergabung dalam sebuah penelitian mengungkapka baik menerima atau mengirimkan SMS baik untuk kesehatan mental seseorang, terutama jika mereka tengah merasa stres, terisolasi, dan sendirian.

Dilansir News yahoo, Prof. Adrian Aguilera, seorang psikolog klinis di University of California, Berkeley, menjelaskan beberapa pasiennya melaporkan merasa lebih terhubung dan diperhatikan ketika mereka menerima pesan teks.

“Ketika menerima SMS saat situasi sulit, saya merasa jauh lebih baik karena merasa merasa diperhatikan dan didukung,” kata seorang pasien di San Francisco General Hospital.

Penelitian Profesor Aguilera dimulai pada 2010 dengan proyek Short Message Service di mana pasien dikirim pesan teks otomatis yang mendorong mereka untuk berpikir dan menjawab tentang suasana hati mereka dan tanggapan terhadap interaksi sehari-hari, baik yang positif maupun negatif.

“Kami memanfaatkan teknologi yang biasa digunakan orang dalam kehidupan mereka sehari-hari untuk meningkatkan kesehatan mental,” katanya.

Prof Aguilera menyadari hal ini saat banyak pasiennya mengalami kesulitan menerapkan keterampilan yang mereka pelajari di kelas terapi untuk kehidupan sehari-hari.

Para pasiennya tersebut tidak mampu membeli laptop, tablet, atau ponsel pintar, tetapi kebanyakan punya telepon selular.

“Berkirim SMS telah memberikan wawasan baru dalam kebutuhan jiwa manusia untuk berkomunikasi. Ini juga merupakan masukan bagi profesional kesehatan mental,” pungkas Prof Aquilera.

Sumber