Semar-T Berpeluang Masuk Roadmap Mobil Listrik

Ilustrasi – dwisudarnoputra.wordpress.com

SOLO, suaramerdeka.com – Meski tidak masuk dalam daftar universitas yang diundang oleh presiden, namun komitmen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam mengembangkan mobil listrik menjadikan mereka memiliki kesempatan. UNS telah berhasil membuat mobil listrik yang diberi nama Sebelas Maret – Teknologi Listrik (Semar – T).

Empat perguruan tinggi yang diundang presiden dalam pengembangan mobil listrik adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka dijadwalkan akan mempresentasikan roadmap penelitian mobil listrik pada Juni nanti.

“Presiden terbuka dengan hal ini (pembuatan mobil listrik UNS). UNS memiliki peluang diundang oleh presiden,” kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Prof Dr Gusti Muhammad Hatta MS.

Berdasarkan perintah presiden, lanjutnya, meminta pada perguruan tinggi untuk membuat produk mobil listrik paling lambat pada tahun 2014. Mobil ihi diharapkan bisa dikembangkan dan bisa diproduksi serta dijual pada masyarakat. Namun, sebelum mengarah sampai hal itu, sudah harus dipersiapkan bagaimana pengisian tenaga listrik (charge).

Lebih jauh ia mengatakan, saat ini Kemristek telah memberikan dana Rp 1,2 triliun pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang digunakan untuk membuat microbus berkapasitas 16 penumpang. ( Hanung Soekendro / CN26 / JBSM )

Sumber