Mahasiswa Ciptakan Alat Deteksi Alkohol Bagi Pengemudi Mobil

Alat pendeteksi alkolhol yang dipasang pada mobil. (suaramerdeka.com/Bambang Ujianto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Galuh Tuhu Prasetyo mahasiswa Prodi Teknik Elektronika FT UNY menciptakan alat pendeteksi alkohol dari bau mulut manusia yang diinstal pada mobil. Apabila kadar alkohol si pengemudi melebihi normal maka mesin mobil akan mati secara otomatis. Dia menciptakan alat pendeteksi itu sebagai karya proyek akhirnya dibawah bimbingan Dosen FT UNY, Dra Sri Waluyanti MPd.

Galuh mahasiswa asal Klaten Jawa Tengah, menjelaskan penciptaan alat pendeteksi itu bertujuan untuk mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang ditimbulkan akibat pengemudi mobil yang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Saat ini semakin banyak kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi mabuk ketika mengendara membuat resah banyak pihak. “Oleh karena itu, seharusnya setiap mobil dimasa depan sudah dilengkapi dengan alat deteksi alkohol secara otomatis,”
tuturnya.

Keunggulan dari alat pendeteksi alkohol ciptaannya adalah menggunakan sistem kontrol ATmega16 yang bekerja secara otomatis. Alat tersebut akan mendeteksi adanya alkohol melalui bau mulut manusia atau si pengemudi mobil dengan menggunakan sensor alkohol.

Jika kadar alkohol yang terdeteksi oleh sensor lebih dari 5%, maka sistem itu akan mengaktifkan relay untuk mematikan sistem pengapian pada mobil secara otomatis. Namun bila kadar alkohol yang terdeteksi kurang dari 5%, sistem itu tidak akan mengaktifkan relay, jadi mobil tetap bisa dinyalakan.

Sumber