IPB Wisuda Doktor Terbanyak Se-Indonesia

Ilustrasi : ist.

JAKARTA – Institut Pertanian Bogor (IPB) mewisuda 180 mahasiswa program doktor. Ini merupakan rekor jumlah doktor terbanyak yang pernah ada dalam satu kali wisuda di IPB, bahkan bagi sebuah perguruan tinggi di Indonesia.

Demikian diungkapkan Rektor IPB Herry Suhardiyanto dalam Sidang Terbuka dengan acara tunggal Wisuda dan Penyerahan Ijazah Tahap IV Tahun Akademik 2011/2012 di Kampus IPB Darmaga. “Keberhasilan ini merupakan hasil dari program pembenahan administrasi akademik dan peningkatan mutu yang selalu kita lakukan, termasuk ditetapkannya ketentuan khusus bagi mahasiswa yang telah melampaui masa studi yang ditentukan,” kata Herry seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Kamis (26/4/2012).

Dalam upacara wisuda tersebut IPB menyerahkan ijazah kepada 906 orang lulusan yang terdiri dari 180 lulusan doktor, 163 lulusan bergelar magister, 59 profesi kedokteran hewan, dan 504 lulusan bergelar sarjana.

Dari 504 lulusan program sarjana, lulusan terbaik diraih oleh Laras Mutiara Diva dari Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB. Laras meraih predikat cumlaude dengan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,90.

Pada kesempatan tersebut Herry menuturkan, IPB telah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai Penemu Beras Non Padi Pertama di Indonesia. Sebagaimana diketahui, Tim Peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian, IPB yang terdiri beberapa dosen, peneliti, dan mahasiswa berhasil membuat beras analog atau beras tiruan yang berasal dari sumber-sumber karbohidrat selain padi yaitu jagung, sagu, umbi-umbian, sorgum, dan lain sebagainya.

“Penemuan ini merupakan komitmen IPB untuk terus mendukung program nasional diversifikasi pangan,” tandasnya.(mrg)(rhs)

Sumber