Kamera Digital Terbesar di Dunia

Enormous Giga Cam adalah kamera digital Terbesar didunia yang memiliki 189 sensor, memberikan lebih dari 3 gigapixel per-sekali pengambilan gambar. Gambar seseorang di sebelah kamera menunjukkan ilustrasi seberapa besar kamera ini.

Large Synoptic Survey Telesceop (LLST) yang membuat kamera digital terbesar didunia, baik dalam hal ukuran fisik dan kapasitas-giga, baru saja memenangkan persetujuan awal dari Departemen Energi AS, untuk mendanai proyek pembuatannya. Kamera yang depergunakan untuk menjadi Teleskop Survei Sinoptik terbesar ini sekarang akan melanjutkan ke teknik rinci dan fase desain, langkah awal menuju pembuatannya dalam dua tahun dari sekarang.

Dari tempatnya bertengger di daerah Andes Chili, disitus resminya, LSST akan membuat survei terhadap seluruh langit setiap tiga malam, dengan 800.000 megapiksel per gambar dapat mengumpulkan 30 terabyte data setiap malam. Kamera yang digunakan ini adalah kamera rakasa seberat 3 ton, mampu menangkap gambar suatu daerah 49 kali ukuran bulan dalam satu gambar. Lebih jelasnya, sebegitu lebarnya sehingga dapat menangkap gambar apapun dari asteroid di dekat Bumi.

Survey terakhir yang dilakukan oleh lembaga survei decadal, prioritas pembangunan teknologi astronomi di Amerika adalah kamera dari LSST ini, dengan kamera ini astronom yakin dapat mengambil lebih banyak rincian dari hanya sekedar teleskop bintang biasa dan akan melihat fenomena baru tidak lama lagi. Kamera ini diyakini dapat mengambil gambar dalam lima atau lebih gelombang spektrum cahaya, dari 400nm hingga 1060nm (inframerahpun akan terlihat dengan kamera ini).

Sekarang kamera ini telah melalui tahap pertama dalam pembuatannya. Proyek pembuatan kamera ini telah dimulai dalam tahap desain dan pengembangan teknis, menyusul anggaran dari pemerintah Amerika telah desetujui. Dengan pemerintah Amerika dan National Science Foundation yang membiayai seluruh proyek pembuatan kamera ini, Teleskop ini seharusnya mulai dibangun pada tahun 2014.

Sumber