Bisnis yang Menjanjikan di Tengah Krisis

Sejumlah pialang lesu di Bursa Saham New York, beberapa waktu lalu. (REUTERS/Brendan McDermid)

VIVAnews – Dunia masih diselimuti krisis ekonomi. Sejumlah negara di Eropa masih terus berjuang melepaskan jerat utang yang menghantui negaranya. Namun, di tengah itu, masih ada peluang bisnis yang menjanjikan.

Apa itu?

Perusahaan selalu membutuhkan pemasaran, dan salah satu pemasaran yang sangat penting dan cukup berhasil adalah pameran. Karena itu, bisnis pameran niaga masih sangat menjanjikan.

“Hal ini terlihat dari angka-angka yang dilansir Asosiasi Para Penyelenggara Pameran Jerman (AUMA) yang menunjukkan bahwa pameran niaga menduduki posisi kedua sebagai alat pemasaran terpenting,” kata Direktur Pengembangan Bisnis Internasional NurnbergMesse GmbH, Thomas Schlitt, di Jakarta, Rabu 2 Mei 2012.

Untuk itu, dia menjelaskan, ada tiga faktor yang menentukan suksesnya bisnis pameran niaga, yaitu peserta pameran, pengunjung pameran, dan lahan pameran. “Perbandingan tersebut antara 2009 dan 2011 menunjukkan peningkatan jumlah dari ketiga faktor tersebut pada tingkat nasional dan yang juga penting pada tingkat internasional,” ujarnya.

Berdasarkan pengalamannya, kunci dari kesuksesan penyelenggaraan suatu pameran di daerah-daerah tertentu adalah dengan cara menggaet mitra perusahaan lokal untuk mendalami, baik kebudayaan atau pun kebiasaan-kebiasaan di daerah tersebut.

“Untuk merealisasikan konsep-konsep dari pameran yang memiliki segmen khusus serta berhasil menarik minat pengunjung, kami bekerja sama dengan mitra-mitra lokal,” katanya.

Selain itu, menurut dia, penyelenggaraan pameran juga harus merefleksikan sebuah keahlian tingkat tinggi. Namun demikian, tetap dapat dikemas secara sederhana, agar tujuan dari pameran dapat diinformasikan dengan baik kepada para pengunjung. ” Merefleksikan keseluruhan rantai suplai dari sektor yang dipamerkan,” katanya.

Sebagai informasi, NurnbergMesse merupakan perusahaan internasional yang bergerak dalam industri penyelenggaraan pertemuan dan pameran. Perusahaan ini merupakan satu dari 20 perusahaan penyelenggaraan pameran terbesar di dunia. Sementara itu, di kawasan Eropa, perusahaan ini masuk 10 besar dan menempati posisi ketujuh teratas di Jerman. (art)

Sumber