Bisnis Sewa Kantor Jakarta Terbaik di Asia

Gedung Perkantoran di Jakarta (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVAnews – Sektor properti, khususnya perkantoran, terus menunjukan kinerja gemilang selama beberapa tahun terakhir. Konsultan properti, Jones Lang LaSalle, mengungkapkan pertumbuhan bisnis sewa perkantoran di Jakarta merupakan yang tertinggi di antara pusat bisnis di kawasan Asia Pasifik.

Dengan pertumbuhan luas dan harga sewa selama kuartal I-2012 yang naik masing-masing 7,9 persen dibandingkan kuartal sebelumnya, bisnis penyewaan perkantoran di Jakarta merupakan yang terbaik dibandingkan Beijing (China) serta kota-kota di Australia.

“Permintaan ruang perkantoran di Jakarta baik di kawasan pusat bisnis maupun sekitarnya terus meningkat sepanjang kuartal I-2012,” kata Country Head Jones Lang LaSalle Indonesia, Todd Lauchlan dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Jumat, 4 Mei 2012.

Dalam laporan Q1 Asia Pasific Office Index disebutkan, dari 27 pasar utama perkantoran Asia Pasifik, sebanyak 13 kota mengalami pertumbuhan positif dan sisanya yaitu 11 kota justru melorot. Rata-rata pertumbuhan tingkat sewa kantor tercatat naik 0,2 persen selama kuartal I-2012 dibandingkan periode sama setahun yang lalu.

Dari 27 pasar utama perkantoran di Asia Pasifik tersebut, Jones Lang menemukan pertumbuhan terbesar terjadi di kota Jakarta dan Beijing. Lonjakan sewa ini terutama akibat makin berkembangnya kawasan perkantoran karena pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Temuan Jones Lang mengungkapkan, rata-rata tarif sewa perkantoran di Jakarta untuk jangka waktu setahun selama kuartal I-2012 mencapai US$207 per meter persegi (Rp1,86 juta). Tarif tersebut naik 7,9 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sementara di Beijing, tarif sewa rata-rata mencapai US$905 atau Rp8,41 juta per meter persegi per tahun.

“Kami terus melihat gambaran yang beragam mengenai bisnis sewa perkantoran di Asia Pasifik. Sementara beberapa perusahaan domestik makin berkembang di Jakarta dan India, kami melihat beberapa bisnis sewa di belahan bumi lain justru melambat,” kata Head of Asia Pasific Market Jones Lang LaSalle, Jeremy Shledon.

Todd menambahkan, pertumbuhan bisnis sewa perkantoran di Jakarta ini makin meneguhkan tren positif yang berlangsung selama tahun 2011. Saat ini, kapasitas ruang sewa kantor dengan kualitas premium sudah terpakai seluruhnya.

Sumber