10 Tips untuk Keamanan Mac

Ilustrasi (Foto: Mashable)

JAKARTA – Saat ini ada lebih dari 100 juta pengguna Max OS X di seluruh dunia, jumlahnya tentu terus berkembang begitu pula dengan malware yang terus bertambah. Sampai sekarang, malware Mac OS X, termasuk Trojan seperti Mac OS X versi DNSChanger dan serangan terhadap Mac OS X meledak di 2011.

Bahkan pada September 2011, versi pertama Mac OS X Trojan Flashback muncul dan meluas hingga Maret 2012. Karena itu Kasperky Lab, sebagai salah satu perusahaan antivirus memberikan perlindungan terhadap ancaman IT.

Costin Raiu dari Kaspersky Lab Expert memberikan 10 tips untuk meningkatkan keamanan Mac. Berikut lima dari sepuluh tips seperti dilansir dari keterangan reminya, Selasa (24/4/2012):

1. Buatlah akun non-admin untuk kegiatan sehari-hari: Akun deafult di Mac OS X Anda adalah pengguna administrator dan penulis malware bisa mengambil keuntungan dari sana untuk menginfeksi komputer.

Maka untuk kegiatan sehari-hari, direkomendasikan untuk membuat akun non-admin dan log in menggunakan akun administrator jika ada keperluan saja. Untuk membuat akun tersebut, masuk ke dalam pilihan ‘Accounts’ pada ‘Sistem Preference’ kemudian buatlah akun non-administrator untuk kegiatan seperti email dan browsing.

Hal ini sangat membantu untuk membatasi kerusakan dari ancaman zero-day dan serangan malware drive-by.

2. Gunakan browser dengan sandbox dan mempunyai solid track record dalam memperbaiki isu keamanan dalam promp manner: Google Chrome menjadi browser yang direkomendasikan untuk berbagai alasan, salah satunya karena lebih sering diperbarui dibandingkan Safari milik Apple.

Sebagai tambahan untuk sandbox, Chrome dilengkapi dengan versi sandbox dari Flash Player yang memberikan penghalang signifikan untuk website berbahaya. Browser ini juga memiliki mekanisme pembaruan yang stabil dan menghilangkan pembatas pada kerapuhan keamanan. Pastkan browser baru sebagai browser utama.

3. Hapus Flash Player yang beridiri sendiri: Flash Player milik Adobe kerap kalo menjadi target peretas untuk mengambil alih komputer Anda. Versi lama Flash Player sangat beresiko saat melakukan browsing di internet.

Untuk menghapus Flash, Anda bisa menggunakan dua pilihan yang disediakan Adobe, untuk versi 10.4 – 10.5 dan 10.6 serta lainnya.

4. Perbaiki masalah pada Java: Seperti halnya Flash Player, Java juga merupakan traget para peretas untuk menanamkan malware dalam perangkat. Untuk itu Kaspersky merekomendasikan untuk menghapusnya dari komputer Anda.

Sayangnya, Apple tidak memperkenankan Oracle memperbaiki Java untuk Mac secara langsung. Mereka melakukannya sendiri, biasanya dalam beberapa bulan kemudian. Hal ini membuar windows of exposure pada Mac membutuhkan waktu lama daripada pengguna PC.

Jika Anda membutuhkan Java untuk aplikasi tertentu, sangat penting untuk menonaktifkan Java pada Safari dan browser lainnya. Untuk Safari, masuklah ke Preference lalu ke Security kemudian Web Content dan jangan centang ‘Enable Java’.

5. Jalankan ‘Software Update’ dan tambahkan langsung pada perangkat jika updaye sudah tersedia: Belakangan ini banyak penyerangan terhadap Mac OS X mengambil keuntungan dari software tua atau tidak diperbarui. Biasanya Microsoft Office, Adobe Reader/Acrobat dan Java Oracle, namun banyak aplikasi lain yang bisa disalahgunakan.

Kapanpun Anda melihat Apple ‘Software Update’, pastikan melakukan perbaikan dan reboot perangkat jika diperlukan.

Ilustrasi

6. Gunakan pengelolaan kata sandi untuk mengatas penyerangan phising: Kabar baiknya adalah, tidak seperti Windwos, Mac memilliki pengelolaan kata sansi yang sudah terpasang dalam sistem ‘Keychain’.

Sebaiknya buat frase unik dan kuat untuk sumber dan simpan dalam keychain daripada harus mengingat kata sandi yang lebih mudah. Ketika pelaku kriminal dunia maya menyerang, mereka akan menggunakan kata sandi yang sama pada semua akun Anda, seperti Gmail dan Facebook.

Karena itu, dengan memiliki kata sandi yang disarankan tadi bisa menciptakan keamanan online yang lebih kuat.

7. Jangan aktifkan Ipv6, AirPort dan Bluetoot jika tidak diiperlukan: Matikan koneksi jika tidak digunakan karena ketiga hal tadi bisa menjadi celah bagi peretas untuk melakukan serangan.

8. Nyalakan full disk encryption (Mac OS X 10.7+): Pada Mac OS X Lion, Apple memperbarui solusi encyption (FileVault) dan menambahkan full disk encyption yang dikenal dengan sbeutan ‘FileVault 2’. Hal ini memberikan keuntungan pada keamanan untuk keseluruhan disk dibandingkan dengan home folder dan bisa sangat berguna jika laptop dicuri.

9. Perbarui Adobe Reader menjadi versi 10 atau yang terbaru: Adobe Reader menjadi target incaran para pelaku kriminal dunia maya pada platform Windwos dan masik mensusuki peringkat tertinggi diantara perangkat di sekuruh dunia.

Maka pastikan Anda mendapatkan versi terbarunya dengan mengunduh pada halamanan Adobe, tapi sayangnya banyak versi lama masih tersedia untuk diunduh dan sangat membingungkan.

10. Pasang solusi keamanan yang bagus: Mac tidak terinfeksi virus telah menjadi tema yang biasa didengar sejak iklan pada 2006 dengan menggambarkan PC ‘sakit’ dan Mac ‘sehat’. Enam tahun berlalu dan situasi berubah dramatis.

Tahun 2011, pelaku kriminal dunia maya mulai menekan DNSChangers dan memalsukan antivirus pada pengguna Mac dengan cara agresif. Seperti Trojan Flashback yang mucul 2011 lalu membuat gebrakan besar pada Maret 2012 yang menginfeksi setengah juta komputer di seluruh dunia.

Saat ini solusi keamanan sangat penting untuk pengguna Mac. Anda bisa mengunduh dan mencoba Kaspersky Anti-Virus for Mac. Untuk pengguna Mac OS X, pilihan seperti Little Snitch dapat digunakan untuk menentukan kapan program muncul untuk digunakan pada saat koneksi internet dan memberikan pilihan mengijinkan atau menolak koneksi. (fmh)

Sumber 1 dan Sumber 2