Wow! Ada Fosil 1 Juta Tahun di Museum Patiayam, Kudus

Museum Patiayam

DetikTravel Community – Selain dikenal dengan Museum Kretek, ternyata Kudus juga memiliki Museum Patiayam sebagai situs arkeologi. Di dalam museum ini, terdapat sekitar 1.500 fosil dengan usia hingga 1 juta tahun.

Fosil telapak kuda nil

Museum Patiayam terletak di Jalan Kudus-Pati, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Potensi Situs Patiayam hingga saat ini masih segelintir orang yang tahu, padahal fosil-fosil yang tersimpan juga tidak kalah dengan Situs Sangiran di Karanganyar.

Fosil keong

Di Museum Patiayam ada sekitar 1.500 fosil yang disimpan. Fosil-fosil tersebut berusia antara 1 juta sampai 700 ribu tahun. Kedepannya Museum ini diharapkan bisa menjadi wisata edukasi bagi para pelajar dan para arkeolog untuk mengetahui kehidupan di zaman purba.

Fosil gading gajah

Sayangnya, jalan yang rusak dan terlihat kurang diperhatikan untuk masuk menuju museum masih menjadi kendala bagi pengunjung. Namun, rencananya Pemerintah Kabupaten Kudus akan merenovasi akses masuk serta Museum Patiayam. Semoga saja rencana tersbut tidak hanya sekadar wacana dan cepat terealisasikan.

Sumber