Fosil Gajah Berusia 800 Ribu Tahun Akan Dipamerkan

Fosil gajah purba asal NTT di Museum Geologi (Foto: okezone/Iman Herdiana)

BANDUNG – Dua fosil gajah purba jenis stagodon dan pigmi asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dipamerkan di Museum Geologi, Bandung, Jawa Barat.

Dua fosil tersebut sedang proses restorasi. Rencananya, menjelang HUT Museum Geologi pada 16 Mei 2012 mendatang, fosil akan direkonstruksi untuk dipamerkan secara utuh.

Peneliti Museum Geologi, Iwan Kurniawan, mengatakan saat ini restorasi gajah purba sudah mencapai 90 persen.

Fosil gajah stagodon ditemukan di bukit Mata Menge, Flores, dalam penggalian yang dilakukan Badan Geologi berkerja sama dengan Wologong University, Australia.

Stagodon ditemukan di kedalaman tanah 40 sentimeter. Penggalian dilakukan pada pertengahan 2011 lalu.

“Gajah stagodon hidup 800 ribu tahun lalu, sedangkan pigmi hidup 100 ribu tahun lalu,” beber Iwan, Jumat (13/4/2012).

Temuan rangka terbaru, meliputi paha, rahang, dan vertebrite. Tim eskavasi, lebih dulu menemukan gading yang panjangnya hampir 2,5 meter.

Menurut Iwan, restorasi memakan waktu enam bulan dan selanjutnya akan dilakukan rekonstruksi.

Untuk melengkapi anggota tubuh stagodon, rencananya pada 26 April mendatang akan dilakukan penggalian kembali di lahan seluas satu hektare. Penggalian juga melibatkan 130 masyarakat sekitar.

Sementara itu, sudah ribuan ribuan fosil berbagai binatang yang ditemukan sejak kerja sama dengan Wologong University diteken pada 2007 lalu. Dua pihak akan terus melakukan eskavasi hingga 2013 mendatang. (ton)

Sumber