Dahlan Iskan: Bisnis Itu seperti Naik Sepeda!

RODERICK ADRIAN MOZES/KOMPAS.com
Di hadapan pengunjung Kompas Karier Fair 2012, Sabtu (28/4/2012), Dahlan Iskan mengaku pernah gagal beberapa kali berbisnis, sebelum akhirnya sukses menjadi pengusaha.

JAKARTA, KOMPAS.com — Di hari terakhir pelaksanaan Kompas Karier Fair (KKF) 2012, Sabtu (28/4/2012), kehadiran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan jadi semacam ajang pembelajaran diri pengunjung, khususnya soal motivasi bisnis. Dahlan Iskan mengaku pernah gagal beberapa kali berbisnis, sebelum akhirnya sukses menjadi pengusaha.

“Bisnis itu tidak ada pelajarannya, tidak ada pendidikannya, tidak ada literaturnya. Tidak ada bisnis yang dapat dilakukan setelah mengikuti seminar. Tapi, bisnis itu seperti naik sepeda,” kata Dahlan dalam sesi talk show dengan pengunjung KKF 2012 di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu siang tadi.

Dahlan melanjutkan, berbisnis memang layaknya seseorang yang sedang belajar menaiki sepeda.

“Pertama-tama Anda pegang sepeda itu, menuntunnya, lalu menaikinya, dan coba menjalankannya. Setelah itu Anda terjatuh dan bangun lagi, serta akan terus berusaha untuk bisa menjalankan sepeda itu. Ya, seperti itulah bisnis,” kata Dahlan.

Filosofi sepeda itu dipegang erat Dahlan dalam menjalankan tiap bisnis yang dilakoninya sehingga menjadi pengusaha dan kemudian dipercaya sebagai seorang menteri.

Sumber