Instalasi Linux Kaltim Ukir Rekor Muri

MURI – republika.co.id

SAMARINDA–MICOM: Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan daerah yang pertama kali masuk Museum Rekor Indonesia (Muri) kategori instalasi massal penggunaan perangkat lunak BlankOn Linux dengan peserta sebanyak 468 pelajar dan mahasiswa.

“Sebelumnya memang DKI Jakarta pernah menginstal Linux sebanyak 288 laptop atau komputer, namun saat itu tidak melaporkan ke Muri, sehingga instalasi Linux di Kaltim ini merupkan yang pertama kali bagi Muri,” ujar Deputy Manager Muri Ariyani S seusai menyaksikan instalasi Linux Massal di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Kaltim, kemarin.

Pemecahan rekor Muri oleh Kaltim ini juga menambah deretan panjang dari sekian banyak kegiatan pemecahan rekor di Indonesia yang mencapai 5.365 rekor, atau instalasi BlankOn Linux di Kaltim tercatat di nomor 5.365 dalam Muri.

Kaltim selama ini telah banyak melakukan pemecehan rekor bagi Muri, antara lain ski air massal terjauh yang digelar di Sungai Mahakam, lomba penilaian pengguna blog dengan peserta terbanyak, memancing dengan peserta terbanyak, menggiring bola dengan peserta terbanyak, dan Bupati Paser tercatat sebagai bupati tertua di Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, M Jauhar Efendi yang merupakan pemprakarsa pemecahan rekor ini, mengaku lega dan sangat bersyukur atas tercapainya rekor Muri dalam instalasi Linux massal.

“Target awal kita untuk memecahkan rekor MURI adalah 400 peserta, Alhamdulillah mampu melampau target dengan jumlah 468 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan komunitas pecinta Linux yang datang dari tiga daerah, yakni Samarinda, Balikpapan, dan Penajam,” kata Jauhar. (Ant/OL-2)

Sumber