Gengsi, Pembeli Tak Peduli New iPad Belum Bisa 4G di Indonesia

New iPad (apple)

Jakarta – New iPad sejatinya menawarkan fitur teknologi 4G Long Term Evolution (LTE). Hanya saja, konektivitas super cepat itu tidak bisa dirasakan di semua negara, termasuk Indonesia. Pun demikian, sepertinya sejumlah pembeli new iPad di Tanah Air tak mempermasalahkan hal itu.

“Ya ketika mereka beli new iPad, mereka tahu kalau di sini (Indonesia-red.) tidak bisa juga pakai 4G. Tapi gak masalah, mereka tetap beli. Mungkin karena gengsi, harus punya gadget baru,” tukas seorang penjual new iPad yang ditemui detikINET.

Pria yang enggan disebutkan nama aslinya itu mengungkap bahwa akses 4G di tablet PC generasi ketiga Apple ini memang tidak bisa digunakan. Sebab jaringan telekomunikasi di Indonesia masih belum mengakomodasi.

Namun, pengguna jangan khawatir, sebab perangkat besutan Apple ini juga bisa berjalan di layanan 3G operator lokal. “Kalaupun gak bisa 4G, cukuplah dengan 3G. Selain itu, fitur dari peningkatan yang ada dari iPad versi sebelumnya bisa digunakan seperti biasa,” lanjutnya.

Apple sendiri sejatinya belum secara resmi memasarkan produknya di Indonesia. Adapun perangkat yang saat ini dijual bisa dibilang sebagai ‘grey market’. Sebab ia tidak dipasok secara resmi oleh Apple ke Indonesia, namun asli buatan perusahaan berlogo Apple groak tersebut.

“Yang kita jual itu sudah bergaransi internasional kok. Kalau ada kerusakan bisa langsung datang ke toko Apple di Menteng,” klaim penjual dengan nama samaran Dedi tersebut.

New iPad dari gray market sendiri saat ini sudah bisa dibilang turun harga. Awalnya, perangkat tersebut bisa dibanderol hingga Rp 11 juta untuk yang versi 64GB.

Sementara kini, Dedi mengaku menjual new iPad versi 16 GB + 4G di kisaran Rp 6,9 juta. Untuk versi di atasnya lebih mahal Rp 1 juta, dengan 32 GB + 4G berharga Rp 7,9 juta dan Rp 8,9 juta untuk versi paling tinggi 64 GB + 4G.  (ash/fyk)

Sumber