Gawat! iPad Bikin Mata Anda Tua Sebelum Waktunya

dailymail.co.uk

INILAH.COM, London – Meningkatnya ketergantungan orang pada iPad, komputer dan ponsel pintar ternyata memiliki dampak tak terduga. Mata manusia menjadi jauh lebih cepat tua dari seharusnya.

Jutaan pengguna gadget tersebut mengalami kondisi yang biasa disebut ‘mata kering’. Kondisi ini membuat mata pengguna menjadi gatal, kering, dan iritasi akibat berlama-lama memandang layar gadget tersebut.

Menurut ahli mata Dr Christine Purslow, saat menggunakan gaget tersebut, pikiran pengguna terfokus pada layar hingga membuat orang ‘lupa’ berkedip. Hal inilah yang mampu mempengaruhi sistem pelumas mata.

Normalnya manusia berkedip sebanyak 12-15 kali tiap menit. Namun saat menggunakan gadget, kedipan turun menjadi 7-8 kali per menit. Alhasil, air mata yang berfungsi sebagai pelumas tak bekerja dengan benar seperti dikutip DM.

“Anak muda saat ini mengalami masalah ini karena kantornya yang modern. Komputer dan pendingin ruangan membuat kondisi ini memburuk,” tutup dokter yang sekaligus merupakan direktur lensa kontak dan unit riset anterior mata dari Cardiff University. [mor]

Sumber