Jadi Wirausahawan Harus Ubah Mindset

Ilustrasi : ist.

JAKARTA – Menjadi seorang wirausaha, berarti mengukuhkan diri sebagai pribadi mandiri bahkan membuka kesempatan kerja bagi orang lain. Tentunya, setiap pengusaha sukses memiliki cerita dalam mengembangkan usaha yang dirintisnya.

Lantas, apa sebenarnya tips untuk menjadi seorang wirausaha di tingkat pemula? Dalam acara Be Creasii besutan Himpunan D-3 Teknik Kimia (Himadekkim) Institiut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Soehardjoepri memaparkan sejumlah tips yang perlu diketahui para wirausahawan pemula.

“Selain merencanakan tujuan hidup, menjadi seorang wirausahawan juga harus bisa mengubah mindset. Mindset ini meliputi pola pikir, sudut pandang, dan pemograman otak bawah sadar,” kata Soehardjoepri seperti disitat dari ITS online, Senin (19/3/2012).

Dengan adanya pola tersebut, lanjut Soehardjoepri, maka dapat mengantarkan hidup menjadi lebih teratur. “Setiap pribadi terlahir dari apa yang dipikirkan. Menanamkan pikiran positif juga sangat memberi pengaruh pada kesuksesan,” ujar wirausahawan yang juga Dosen jurusan Matematika tersebut.

Narasumber lainnya yang hadir pada kesempatan tersebut, yakni Rony Orysu menuturkan, kiat khusus untuk mendapatkan ide bisnis datang dari sebuah kesungguhan untuk mencapai kesuksesan.(mrg)(rhs)

Sumber