Tips Agar Perangkat Audio Tabung Tampil Optimal

Perangkat audio yang menggunakan vacuum tube (tabung audio) sebagai komponen aktif kembali populer dikalangan penikmat audio belakangan ini. Bagaimana mungkin teknologi kuno yang mestinya ditinggalkan ini justru menjadi favorit kalangan audiophile?

Jawabannya sederhana saja: kualitas reproduksi musik yang belum tergantikan oleh teknologi solid-state! Sehingga perangkat audio tabung identik dengan high-end audio. Namun tidak banyak pengguna perangkat tabung, biasanya yang pemula, yang paham benar bagaimana memperlakukan perangkat tabung secara optimal. Berikut disampaikan beberapa tips ringan yang barangkali bermanfaat:

Letakkan Di Tempat Yang Kokoh

Perangkat tabung relatif rentan terhadap guncangan dan gangguan resonansi. Letakkan di rak atau base yang kokoh, serta agak jauh dari posisi speaker. Penggunaan tip-toe juga akan membantu mengatasi gangguan resonansi.

Sirkulasi Udara Yang Memadai

Saya pernah menjumpai orang meletakkan amplifier tabung miliknya di rak tertutup. Walaupun diberikan lubang angin di bagian belakang dan ruangan ber-AC, perangkat tabung, khususnya power amplifier, tidak disarankan diletakkan di rak tertutup. Karena bekerja dengan sistem pemanasan, maka tabung membutuhkan sirkulasi udara yang cukup. Lagipula tabung terlihat indah untuk ditampilkan kan? Letakkan saja di tempat terbuka, asalkan bebas dari anak kecil dan binatang peliharaan anda.

Berikan Pemanasan Cukup

Perangkat tabung memerlukan pemanasan yang cukup untuk mencapai titik kerja ideal. Berikan pemanasan minimal 5 menit sebelum memutar musik pada perangkat tabung. Biasanya suara menjadi optimal setelah “on” selama 1 jam. Beberapa perangkat komersial bahkan dilengkapi saklar tunda agar perangkat tabung mendapat pemanasan yang cukup sebelum dimainkan.

Tube-Rolling = Matching, Matching, and Matching.

Salah satu keasyikan menggunakan perangkat tabung adalah adanya kemudahan gonta-ganti merk tabung yang digunakan (tube-rolling) untuk mendapat warna suara yang berbeda, walaupun spesifikasi tabung tersebut sama. Yang perlu diingat di sini, jangan membabi buta memborong berbagai merk tabung terkenal yang biasanya berharga mahal itu. Belum tentu merk mahal bersuara lebih bagus di perangkat anda. Jadi kuncinya adalah matching antara karakter tabung dengan karakter keseluruhan perangkat. Trial & error adalah kuncinya. Lebih baik bertanya pada yang lebih berpengalaman tentang karakter suara tabung merk tertentu guna menekan biaya trial & error, tetapi tetaplah percaya pada pendengaran anda sendiri dalam memilih merk tabung yang tepat.

Microphonics

Gejala microphonics lebih sering terjadi pada tabung produksi lama. Gejalanya adalah timbulnya suara pada speaker saat anda mengetuk badan amplifier. Pada kondisi ekstrim bahkan suara apapun di dekat tabung akan terdengar pada speaker, sehingga tabung berfungsi seperti mikrofon. Untuk mengatasi ini, coba ganti kaki perangkat dengan jenis yang lebih lunak atau gunakan asesori khusus yang dipasang langsung pada tabung. Cara paling ampuh tentu saja ganti tabungnya dengan yang tidak microphonics.

Filament supply first

Ini sedikit lebih teknis. Tabung bekerja dengan cara memanaskan bagian katode dengan menggunakan filament atau disebut juga heater. Perangkat tabung yang baik akan didesain agar filament tabung hidup terlebih dahulu sebelum high-voltagemasuk ke anode-katode tabung tersebut. Cara ini akan membuat umur tabung jauh lebih awet.

Tabung Produksi Lama Lebih Bagus?

Dari pengalaman saya dan beberapa rekan lain, tabung produksi lama pada umumnya memang bersuara lebih bagus daripada tabung produksi baru. Tetapi tidak selalu demikian! Kembali…. matchingadalah kuncinya. Beberapa tabung produksi baru dari TJ (China) dan Svetlana (Rusia) misalnya.. bersuara sangat bagus, mengalahkan beberapa tabung produksi lama.

Tabung Black-Plate Bersuara Lebih Bagus?

Kalau benar demikian, maka semua tabung akan dibikin dengan menggunakan black-plate! Walaupun pada kebanyakan kasus tabung black-platebersuara bagus, ini tidak berarti bahwa tabung black-plate selalu bersuara lebih bagus. Trust your own ears!

Impedance Mis-matching

Kecuali jenis OTL, semua amplifier tabung menggunakan output transformer untuk menyesuaikan impedansi output tabung dengan impedansi input speaker. Banyak pengguna amplifier tabung mengalami kesulitan menemukan pasangan speaker yang sesuai. Ada sedikit trik dalam hal ini. Kebanyakan speaker masa kini berefisiensi rendah dan impedansinya drop dari nilai nominalnya hampir di semua bidang frekwensi. Coba pasangkan speaker dengan impedansi input 8 ohm pada terminal 4 ohm di amplifier tabung anda untuk“memperingan” beban amplifier tabung tersebut. Selamat mencoba.

Hum and Hiss

Dengung (hum) dan desis (hiss) pada perangkat tabung adalah normal! Tetapi jika anda merasa hum & hiss amplifier anda berlebihan (terutama jika sebelumnya normal), biasanya diakibatkan tegangan listrik di rumah anda tidak normal, atau tabung di perangkat anda sudah harus diganti. Gunakan ground tanah yang baik untuk menekan gangguan ini. Pemasangan ground yang buruk justru akan meningkatkan hum & hiss.

Bersihkan Tabung Secara Berkala

Percaya atau tidak… bahkan sidik jari anda pada gelas tabung dapat mempengaruhi mutu suara dan umur tabung, dan ini bukan klenik! Usahakan bersihkan gelas tabung menggunakan lap kering dan bersih secara berkala. Sebisa mungkin jangan gunakan cairan apapun, terutama yang mengandung senyawa kimia.

Safety First!

Perangkat tabung beroperasi pada tegangan sangat tinggi, bahkan ada yang mencapai 2000 volt! Jangan kutak-katik sendiri perangkat tabung anda kecuali anda memiliki pengetahuan yang cukup dalam hal ini. Pada saat perangkat tabung dimatikan pun… dalam jangka waktu tertentu masih akan tersisa tegangan ratusan volt pada kapasitor di power supply.

Sumber