Stop Makan dengan Ucapkan “Saya Tidak”

Liputan6.com, New York: Untuk berhenti makan banyak, cobalah ucapkan “Saya Tidak”. Efek dari ucapan dari dalam diri akan ditransfer melalui pikiran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, ucapan “saya tidak” ternyata sangat ampuh mengerem nafsu makan seseorang.

Penelitian itu dilakukan terhadap 30 wanita AS yang dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diberi makanan enak. Namun, mereka harus mengatakan “Saya Tidak”. Sementara kelompok kedua diberi makanan serupa dan mengatakan “Saya Tidak Bisa”. Selain itu, kelompok ketiga harus mengucap “Tidak”.

Percobaan berlangsung selama 10 hari. Setelah periode itu sangat jelas bahwa wanita dari kelompok pertama lebih sering berhasil menahan godaan untuk makan berlebihan.

Peneliti menjelaskan bahwa strategi ucapkan “Saya tidak” memberi kontribusi pada pertumbuhan kesadaran diri dan pelaksanaan kontrol pada wanita. Akibatnya, ucapan itu menciptakan perubahan positif dalam perilaku jangka panjang di diri mereka.

Pada saat yang sama, strategi “Saya tidak bisa” mengisyaratkan kegagalan mencapai sesuatu yang sangat diinginkan. Ucapan “Saya Tidak Bisa” ternyata juga menyebabkan rasa tidak nyaman bagi Kaum Hawa. (Genius Beauty/MEL)

Sumber