Srikandi Indonesia berjaya di Rally Aicha des Gazelles Maroko

Ilustrasi – bisnis.com

London (ANTARA News) – Empat Srikandi Indonesia, Fitri Maryanti, Tri Setyawati, Berdareta Darina dan Asti Ayuningtyas, berhasil meraih penghargaan dalam acaraThe Rally Aicha des Gazelles di kota Essaouira, Maroko.

Keempat putri Indonesia mengikuti Rally Otomotif Khusus Wanita yang diadakan di Gurun Pasir Maroko, demikian Sekretaris III / Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Rabat, Suparman Hasibuan kepada ANTARA London, Minggu.

Partisipasi Indonesia merupakan yang pertama kali sejak penyelenggaraan rally ini tahun 1990. Keikutsertaan tim Indonesia mendapatkan dukungan dari PT. Total E&P Indonesie.

Keempat putri Indonesia yang dibagi ke dalam dua tim, yaitu Tim Cenderawasih dan Tim Gaia mewakili Indonesia pada perhelatan Rally Aicha des Gazelles (Rally Otomotif Khusus Wanita) yang diadakan di Gurun Pasir Maroko pada akhir Maret lalu.

Rally tersebut diikuti sekitar 300 perempuan dari 21 negara. Kendaraan yang digunakan beragam mulai dari SUV, MPV, jip hingga motor.

Kecepatan adalah bukan ukuran sebagai pemenang, melainkan kilometer, yaitu semakin sedikit kilometer yang ditempuh peserta maka semakin baik nilai yang diperoleh dan berhak sebagai pemenang.

Tantangannya adalah para peserta tidak diperkenankan memakai GPS dan hanya dibekali kompas konvensional dan peta berskala 1:100.000. Dalam satu hari perjalanan para peserta rata-rata menghabiskan waktu 10-13 jam perjalanan.

Dukungan satelit digunakan panitia untuk melacak keberadaan peserta yang mengalami kondisi darurat.

Keempat putri Indonesia yang juga merupakan karyawati pada PT Total E&P Indonesie, menerima award dari panitia penyelenggara Rally Aicha des Gazelles, Pada malam penyerahan penghargaan berupa award tersebut pada Rally Aicha des Gazelles, Maroko, hadir Dubes RI untuk Maroko, Tosari Widjaja dan Presiden Direktur PT Total E&P Indonesie, Elisabeth Proust.

Widjaja pada kesempatan interview dengan Tim Media Panitia Penyelenggara menyampaikan arti penting partisipasi Indonesia pada penyelenggaraan event internasional ini dalam membawa nama bangsa Indonesia. (zg)