Srikandi Airlangga bertekad taklukkan Puncak Aconcagua

Gunung Aconcagua – bisnis-jatim.com

Surabaya (ANTARA News) – 10 perempuan yang tergabung dalam Srikandi Airlangga Indonesia Aconcagua Expedition, Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Airlangga Surabaya, bertekad menaklukkan puncak Puncak Aconcagua (6.459 mdpl) pada Desember 2012.

“Wanala sengaja menyiapkan tim pendakian, Srikandi Airlangga Indonesia Aconcagua Expedition, dengan mengusung isu gender untuk menginspirasi dan memberi semangat pada perempuan Indonesia,” kata ketua , Lestari, di Surabaya, Senin.

Ia mengemukakan hal itu saat bersama rekan-rekannya, para Srikandi, untuk mohon restu kepada Wali Kota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT, guna menaklukkan puncak gunung tertinggi di Argentina, Amerika Selatan itu.

“Dengan niat baik, insya-Allah kegiatan ini dapat berjalan lancar,” kata Rismaharini, saat menyambut mereka.

Aconcagua bukan gunung berlabel The Seven Summitsdengan level pendaki pemula, namun tingkat kesulitannya lebih tinggi daripada tiga puncak yang pernah ditapaki tim Wanala Unair sebelumnya.

Pendaki senior asal Indonesia sekaligus mantan wartawan Suara alam, Norman Edwin, menghembuskan napas terakhir di puncak gunung itu pada 1992, namun hal itu tak menyurutkan tekad Tim Srikandi Unair itu.

Sebelumnya, tim Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Airlangga Surabaya yang tergabung dalam Airlangga-Semen Gresik Elbrus Expedition (ASGEE) 2011 berhasil mengumandangkan Indonesia Raya di Puncak Gunung Elbrus (5.642 mdpl) pada 21 Mei 2011.

Misi Elbrus ini merupakan misi ketiga dari The Seven Summit Wanala Unair, sedangkan misi tahun 2013 dipersiapkan untuk mendaki puncak Aconcaqua (6.459 mdpl) di Amerika Selatan, pada 2016 ke Puncak McKinley (6.194 mdpl) di Amerika Utara, dan pada 2019 ke puncak Vinson Massif (4.808 mdpl) di Antartika.

Target pamungkas Wanala Unair adalah menaklukkan gunung tertinggi dunia, Mount Everest atau Chomolongma (8.850 mdpl) di Pegunungan Himalaya, India, pada 2022.

Editor: Ade Marboen

Sumber