Ruang Makan Mungil: Biar Kecil Tetap Gaya

Oleh: M. Indra Sukma

Ruang makan ini terletak di belakang ruang tamu. Suasananya nyaman, sosoknya atraktif. Walaupun tidak terlalu besar, ruangan ini ditata penuh gaya.

Ruang makan berukuran 6,4 meter persegi ini terletak di belakang ruang tamu, dipisahkan oleh sebuah sekat. Muka sekat yang menghadap ruang makan dilapisi cermin. Salah satu hal yang membuat ruang makan ini tampil gaya adalah tersedia banyak area untuk memajang pajangan.

Rak di sisi sekat, niche di dinding, hingga meja konsol. Rupanya, ruang makan ini seringkali digunakan untuk menjamu tamu juga. Itu sebabnya sang pemilik, Daniel Teng, ingin membuat ruang makannya tidak sekadar area untuk bersantap. Tapi harus dibuat nyaman dan cantik.

Kalau diperhatikan, di ruangan ini antara meja makan dan meja konsol tidak ada jarak. Hal ini memang disengaja, tujuannya untuk menciptakan ruang sirkulasi yang lega untuk lalu lalang orang. Ruang sirkulasi yang memadai merupakan salah satu faktor terciptanya kenyamanan pada suatu ruangan.

Coba kita lihat, ada apa lagi yang membuat ruang makan ini tampil menarik? Oh iya, lampu gantung (pendant lamp ). Lampu dengan kap silinder berdiamter 15cm ini terbuat dari akrilik. Warna oranye — senada dengan kap lampu hias di atas meja konsol — memberikan sentuhan hangat. Selain itu sentuhan oranye juga dipercaya bisa membangkitkan selera makan.

Foto: iDEA/ Dean Martin Saerang
Lokasi: Rumah Daniel Teng, Tangerang
Arsitek dan Desainer Interior: Robby Alexander dan Darius
(Editor: Anissa Q. Aini)

Sumber