Metode MVOG

Oleh Tri Agus Yogawasista

Alhamdulillah, gak punya pengalaman dan apalagi background mengenai IT, hanya berdasarkan belajar otodidak (keluar masuk Toko Buku), tak kalah pentingnya ditempa di  sekolah kandangnya tentara (lembaga) yaitu UPN “Veteran “ Yogyakarta, http://www.upnyk.ac.id/ atau STM “Labora”,  http://www.labora.ac.id/ yang didirikan oleh Alm. Letkol Purn. (TNI AL) Ir. Paulus Tanuhandaru, MSc, MSc., dimana di Labora waktu itu mahasiswanya 40% anggauta TNI 3 (tiga) matra atau angkatan, AD, AL dan AU.

Dengan menggabungkan pengetahuan Ketentaraan dan Swasta (Wiraswasta) hingga Kios Buku Gema (KB gema) yang mungkin sedikit menggegerkan dunia maya alias Internet. Ditambah dengan modal Bonek, Berani Malu, Berani Gila dan lain sebagainya.

Memang dunia Wirausaha gak punya “pakem” atau aturan baku, hal itu membuat seorang Entreprenuer satu sama yang lain akan berbeda, itu membuat semangkin dinamis kehidupan ini.

Secara ilmu SEO, KB Gema tidak pernah diketemukan, apalagi di Page Rank = 0, di Alexa sendiri kelihatan semangkin mbingungi (Bingung) naik turun, seperti harga saham di BEJ Jakarta dalam penilainya, cuekin aja, tetap jalan maju, “rawe-rawe lantas malang malang putung, jer basuki mawa beo” kata pejuang 45. Yang penting setiap hari pengunjungnya rata-rata 250 orang, Alhamdulillah….

Yang membingungkan dan membanggakan :

  1. Google pernah memberi gratis voucher GoogleAds, senilai Rp. 400.000,-. Sewaktu menerima Surat dari Google, aneh bin ajaib, gak ada alamat kantornya, yang terlihat di perangko dengan cap Hongkong. Sesudah di buka, baru ketahuan ada kontak Google di Indonesia (waktu itu). Kesempatan untuk membalas “kegilaan” ama itu Google, saya bilangin anda salah memilih KB Gema, bahwa saya gak punya website yang mandiri (com, co.id, dlsb), semua free alias gratis. Thank Mr Google….
  2. WordPress memberikan apresiasi, https://kiosbukugema.wordpress.com/2012/01/01/2011-in-review/, Thank Mr. WordPress…
  3. Facebook.com mensponsori KB Gema, dengan tulisan Are You looking for Kios Buku Gema?, coba kalau anda gak percaya pakai search engine selain google.co.id, seperti Mama, Bing, Altavista dan lain sebagainya. Biar mudah nih link-nya, http://www.mamma.com/result.php?type=web&q=kios+buku+gema&j_q=&l=, Thank Mr. Facebook….
  4. Lintas.me, sering mengelink dengan KB Gema, Thank my friends…..
  5. Masih banyak lagi yang mengelink KB Gema, namun kalau ketahuan mengiklankan obat kuat, pasti akan saya suspent, gak mendidik.
  6. KB Gema banyak diketemukan melalui berbagai Search Enginee di berbagai Negara, Alhamdulillah…
  7. Dll.

Setelah “Si pemikir” datang bergabung, Ir. Aditya Prayoga,  semakin dinamis, “orang gila” bertemu dengan “orang gila”, aha… Pertama kali “Si Pemikir” melihat KB Gema, berkerut itu dahinya, dalam hati “syukurin kamu pusing”..

Dasar Si Pemikir, malah menyodorkan penemuannya  “metode baru MVOG”, https://kiosbukugema.wordpress.com/2012/03/30/metode-baru-mvog-untuk-meningkatkan-jumlah-konsumen-dari-website/, merupakan penggabungan metode SEO dan metode yang dilaksanakan oleh KB Gema, yaitu mengutamakan kunjungan tinggi.

Alhamdulillah, google akan merubah search enginee (mudah-mudah Google memperhatikan metode KB Gema, GR lu..!), bisa dibaca di https://kiosbukugema.wordpress.com/2012/04/01/google-akan-rombak-mesin-pencarinya/.