Udinus Fokus Teliti Gamelan Virtual

Ilustrasi – portalsemarang.com

SEMARANG- Mulai tahun ini Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) akan memfokuskan diri pada bidang penelitian, khususnya gamelan virtual. Penelitian itu bekerja sama dengan tujuh keraton di Jawa dan Bali.

Hal itu disampaikan Rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko MKom pada sambutan upacara Wisuda Ke-43 di Patra Semarang Convention Hotel, Rabu (4/4). Dia mengatakan, kerja sama tersebut untuk menggabungkan teknologi informasi dengan gamelan sebagai pusaka keraton.

”Langkah ini sengaja dilakukan Udinus, mengingat jika perguruan tinggi lain memilih melakukan penelitian tentang energi alternatif penghemat BBM, maka kami mengambil langkah mundur dengan meneliti gamelan, agar warisan pusaka bangsa ini tetap hidup dan diakui dunia,” ungkapnya.

Penelitian perangkat gamelan ini akan dipadukan dengan teknologi informasi, selanjutnya dibuat menjadi gamelan virtual (E-Gamelan). Penelitian itu dilakukan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Pura Pakualam Yogyakarta, Keraton Surakarta Hadiningrat, Puro Mangkunegaran Surakarta, Kasultanan Kasepuhan dan Kanoman Cirebon, serta Puri Ubud Gianyar Bali.

”Perangkat gamelan keraton digabungkan dengan teknologi informasi agar dapat dimainkan di mana saja dan di seluruh dunia melalui PC, laptop, iPad, dan handphone,” kata Edi.

Peringkat 18

Selain fokus pada penelitian gamelan virtual, Udinus pada tahun 2012 berhasil menduduki peringkat 18 dalam Telkom Smart Campus (Tesca). Yakni, pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Pada wisuda ke-43 Udinus telah meluluskan 792 mahasiswa, yang terdiri atas 90 orang lulusan magister, 616 lulusan sarjana, dan 86 lulusan diploma. Para wisudawan tersebut berasal dari dua program magister dan lima fakultas, di antaranya Magister Komputer 68 mahasiswa, Magister Manajemen (22), Fakultas Ilmu Komputer (476), Fakultas Ekonomi (167), Fakultas Bahasa dan Sastra (25), Fakultas Kesehatan (22), dan Fakultas Teknik (12). (K3-37)

Sumber